Sebarkan berita ini:

menu-makanan-sehat-untuk-buka-puasaSEMARANG [SemarangPedia] – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling ditakuti oleh semua pihak. Hal itu cukup beralasan karena sakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Oleh karena itu, banyak yang berusaha menghindarinya. Tentu saja untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung, olahraga secara teratur amat diperlukan. Namun, semua bisa sia-sia belaka tanpa ada Makanan Sehat yang menyertainya.

Jika ingin sehat dan terhindar dari ancaman penyakit jantung, ada baiknya memerhatikan pola makan yang sehat. Konsumsilah makannan sehat dengan kriteria khusus yang berguna untuk membuat jantung sehat.

Bukan rahasia lagi, ada hubungan ada kelebihan lemak dengan risiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, kurangilah makanan berlemak yang mengandung kolesterol tinggi. Jenis makanan itu tidak termasuk makanan sehat untuk jantung, sehingga mesti dimiminalkan.

Adapun contoh konkretnya dari makanan dengan lemak tinggi ialah daging kambing, sapi, dan bebek. Usahakan pula untuk mengurangi porsi makanan dari jeroan berbagai binatang karena biasanya mengandung lemak yang berbahaya untuk kesehatan jantung.

Sudah berulang kali dipaparkan oleh berbagai pihak bahwa mengonsumsi buah, sayur, serta biji-bijian sangat penting bagi kesehatan. Pada kenyataannya, semua bahan tersebut memang termasuk ke dalam makanan sehat untuk jantung.

Rahasianya adalah kandungan yang di dalam buah-buahan, sayur-sayuran, ataupun biji-bijian. Di dalam ketiga bahan makanan itu terdapat antioksidan, fitoestrogen, pitosterol, serta beragam vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kalau mengonsumsinya dengan rutin tentu saja mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Contoh buah-buahan yang menjadi makanan sehat untuk jantung ialah buah blueberry, jeruk, pepaya, alpukat, pisang, dan apel. Untuk sayuran, Anda bisa mengonsumsi wortel, bayam, paprika merah, tomat, asparagus, brokli, dan kubis. Sementara itu, biji-bijian yang berguna untuk kesehatan jantung adalah beras merah, almond, kenari, kedelai, dan oatmeal.

Satu zat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung ialah Omega 3. Kandungan itu bisa menahan penggumpalan darah di dalam tubuh yang kerap berujung terhadap serangan jantung. Selain itu, Omega 3 juga bisa mencegah kelainan detak jantung. Lagi-lagi ini berguna untuk kekuatan jantung.

Bukan hanya itu, kandungan Omega 3 terbukti dapat mencegah pertumbuhan plak yang membuat pembuluh darah menyempit. Akibatnya aliran darah menjadi lancar sehingga jantung tetap sehat.

Kandungan Omega 3 biasa terdapat dalam berbagai jenis ikan. Oleh karena itu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi ikan yang termasuk sebagai makanan sehat untuk jantung. Daging ikan salmon, tuna, sarden, makarel, hingga lemusu dapat menjadi pilihan. Namun secara umum semua jenis ikan memiliki kandungan Omega 3 yang berguna sekali untuk kesehatan jantung.

Selama ini serat dikenal sebagai makanan sehat yang bermanfaat bagi pencernaan. Namun, ternyata makanan berserat tinggi juga baik untuk kesehatan jantung. Akibatnya dianjurkan sekali untuk mengonsumsi makanan berserat agar meminimalkan risiko penyakit jantung.

Makanan berserat ternyata bisa mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kadar gula berlebih hingga tekanan darah tinggi juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi secara rutin. Dengan tubuh yang sehat, maka otomatis ancaman terkena serangan jantung juga berkurang.

330
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>