Sebarkan berita ini:

20-unissulaSEMARANG[SemarangPedia] – Dalam prosesi pelepasan wisudawan dan wisudawati Universitas Sultan Agung (Unissula) 72 di kampus Kaligawe, Semarang  (20/10),  Rektor Unissula Anis Malik Thoha Lc MA PhD menekankan perihal makna adab sebagai tonggak utama yang harus dimiliki para alumni.

“Adab merupakan bagian terpenting dari tradisi keilmuan. Dan Adab pulalah yang seharusnya menjadi ciri utama para alumni perguruan tinggi di dunia kerja maupun di ranah sosial kemasyarakatan,” ujarnya,

Menurut Anis, permasalahan  utama yang dihadapi oleh umat Islam  kini adalah the lost of adab, kehilangan adab. Ketika adab telah terpisah dari dunia keilmuan maka bisa berujung pada hilangnya keberkahan ilmu.

Ilmu dan keberkahan itu, lanjutnya, tidak pernah dapat dipisahkan. Imam Malik menyatakan: ‘Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu’, Ibnul Mubarak menyatakan: ‘ Kami mempelajari masalah adab itu selama 30 tahun sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun’.

Da mengharapkan ke depan para wisudawan yang diwisuda dapat menjadi duta-duta Unissula untuk menyebarkan citra positif sebagai orang berilmu dan beradab yang mana bisa diterapkan di nyata ketika terjun ke masyarakat. (RS)

77
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>