Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Satlantas Polrestabes Semarang akan melakukan alih arus kendaraan di sejumlah ruas jalan di Kota Semarang pada malam pergantian tahun, sebagai upaya untuk menghindari kemacetan dan kerumunan.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, Kompol Sigit mengatakan alih arus kendaraan akan dilakukan meliputi kawasan Simpang Lima, Kota Lama, Simpang Gombel dan PRPP serta pantai Marina.

Secara detail untuk Simpang Lima pengalihan arus dari arah Bangkong menuju Tugu Muda akan dialihkan di perempatan RRI.

Kemudian dari Jalan Pangeran Dipenogoro akan dialihkan aruskan di Jalan Kusuma Wardani, dan bundaran air mancur Jalan Pahlawan.

Selanjutnya, dari arah Tugu Muda menuju Bangkong akan dialiaruskan di Jalan MH Thamrin serta simpang Pandanaran 1 dan Pandanatan 2.

“Alih arus kendaraan akan dilakukan secara situasional di lapangan. Bahkan jika langsung terjadi kemacetan,” ujarnya, Selasa (29/12).

Menurjtnya, untuk Kota Lama secara detail alih arus akan dilakukan di Simpang Sayangan yang menuju arah barat atau Gereja Blenduk akan dialihkan ke Bubakan dan Jalan Ronggowarsito.

Sementara dari arah Jalan Cenderawasih yang akan menuju arah barat akan dialih aruskan ke Bubakan.

“Kami akan lakukan penambahan personil di Simpang Lima dan Kota Lama. Penambahan personil dari Brimob, Ditlantas Polda, dan instansi terkait,” tuturnya.

Kasatlantas menuturkan untuk disimpang Gombel akan dilakukan penutupan untuk kendaraan parkir di tanjakan.

Secara detail kendaraan roda empat dari arah selatan yang memasuki Kota akan dialihkan menuju tol Jatingaleh. Kemudian kendaraan bermotor dari Banyumanik akan dialihkan ke Sigar Bencah.

“Kami akan lakukan penebalan personel di tanjakan Gombel, dan publik address (pengeras suara) untuk menghimbau masyarakat yang akan melaksanakan tahun baru,” ujarnya.

Terakhir, lanjutnya, di Pantai Marina akan dilakukan penebalan personel. Cara bertindaknya adalah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan pihak Pantai Marina.

Dia menuturkan saat pergantian malam Tahun Baru akan melakukan tindakan represif jika ada yang mengadakan acara. Kemudian setelah pukul 01.00 WIB hari pihaknya melakukan operasi skala besar.

Sementara itu, di wilayah Kabupaten Semarang petugas Satpol PP Kabupaten Semarang akan menutup kawasan Alun alun Bung Karno Ungaran, Objek wisata Eling Bening, Bukit Cinta dan Gedongsongo.

Aktivitas PKL di Alun alun lama Ungaran diminta harus tutup lapak maksimal pukul 22.00 WIB. Jika tidak ditutup lapak akan di bongkar dan disita Satpol PP didampingi Petugas TNI/Polri.

Sedangkan jalur yang menuju kawasan wisata Bandungan meliputi Lemah Abang, Pertigaan Blater Jimbaran, Pertigaan Pauline Ambarawa juga akan ditutup total.

Khusus bagi warga yang tempat tinggalnya di wilayah yang ditutup, bisa masuk dengan menunjukkan kartu identitas kepada petugas Jaga di setiap pos penutupan.

Mulai 31 Desember 2020 pukul 21.00 WIB akan diadakan Patroli berskala besar dengan melibatkan unsur instansi terkait dari Petugas TNI/Polri, Satpol PP, Dishub dan Dinkes di seluruh wilayah Kabupaten Semarang. (RS)

30
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>