Sebarkan berita ini:

8-Sidang palu1SEMARANG[SemarangPedia] – Mantan anggota DPRD Partai Nasdem Kota Semarang, Windu Suko Basuki menggugat Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem Surya Paloh di Pengadilan Negeri Semarang. Gugatan yang terdaftar register nomor 262/Pdt.G/2016/PN.Smg, terkait pemecatannya sebagai anggota legislatif periode 2014-2019.
“Gugatan diajukan pada Senin (20/6) lalu,” kata Panitera Muda Perdata PN Semarang Sri Sunarti, Kamis (14/7).

Dalam petitum gugatannya, Windu menggugat pimpinan pusat, wilayah dan DPD Partai NasDem Kota Semarang yang melanggar AD/ART organisasi.

“Menyatakan tergugat III yang mengusulkan pemberhentian dan tergugat III merekomendasikan sebagai anggota adalah perbuatan melawan hukum,” ujar kuasa hukum penggugat, Ahmad Rudi Firdaus.

Menurutnya, Surat Keputusan DPP Partai Nasdem nomor 011 tahun 2016 tertanggal 30 April 2016 tentang pemberhentian sebagai anggota Nasdem dan PAW terhadapnya yang diterbitkan DPP adalah batal dan tidak sah.

“Serta menyatakan keputusan PAW cacat hukum dan tidak sah serta memerintahkan tergugat I mencabut SK itu,” tuturnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi pers Windu enggan berkomentar atas gugatan yang dilayangkannya.

Sementara, Sekretaris DPW Nasdem Jateng Roni Renaldi mengatakan pemecatan yang bersangkutan dari keanggotaan partai serta dewan, diduga terkait sikapnya yang dinilai tak sejalan dan prinsip partai.

“Kami menganggap dia sudah tidak sejalan dengan partai. Partai punya kebijakan. Saya tidak akan jabarkan persoalannya, tapi semua anggota wajib menaati kebijakan, rekomendasi dan keputusan partai. Jika sudah sepakat keputusan atau koalisi, maka harus berkomitemen,” ujarnya.

Disinggung keterkaitan antara pemecatan dengan kasus hukum Roni, dia membantah dan partai menilai seseorang dari intergritas dan kerja sesuai dengan instruksi yang tegak lurus ke pusat. (RS)

141
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>