Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Para mantan penyalahangunaan narkoba binaan  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng mulai diberikan pelatihan belajar membatik, agar mereka kelak memiliki keterampilan yang diharapkan bisa menjauhi narkotika.

Kegiatan itu merupakan prakarsa dari Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah bekerja sama dengan BNNP Jateng, yang digelar di Balai Pelatihan Koperasi UMKM Jalan Berdikari 9, Srondol, Semarang, Selasa. (18/4)

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Ema Rahmawati mengatakan pelatihan membatik itu yang pertama digelar dari sebelumnya pelatihan dilakukan pada keterampilan memotong rambut.

“Kegiatan belajar membatik diikuti 30 mntan penyalahgunaan narkoba dan diharapkan mereka memiliki keterampilan dengan harapan bisa menjauhi narkotika,” ujarnya.

Menurutnya, membatik merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran, sehingga bisa mengalihkan dari kecanduan narkoba dan melupakan persoalan yang dihadapi.

Kalau program ini, lanjutnya, berhasil ke depan akan lebih ditingkatkan sampai sertifikasi mulai dari pemula, lanjutan dan kemahiran, hingga para mantan penyalahguna narkoba bisa mandiri.

Dalam pelatihan mantan penyalahguna narkoba tidak hanya diberi pengetahuan peralatan dan bahan secara teori yang diajarkan, namun  berbagai tahapan dalam membuat batik mulai dari kain bersih hingga menghasilkan sebuah karya batik yang siap digunakan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pascarehabilitasi BNN Jateng, Sardiyanto mengatakan pembekalan ini merupakan wujud untuk mempersiapkan eks pecandu narkoba dapat mempunyai bekal yang nantinya bisa membantu perekonomian mereka dan mandiri.

Kerja sama, lanjutnya,  BNNP Jateng dengan Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Pemprov Jateng baru pertama kali digelar, namun  ke depan akan terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pelatihan lain,  guna memberi bekal kepada mantan pecandu narkoba saat kembali ke lingkungan masyarakat.

Menurutnya, selain melakukan pelatihan di Dinas Koperasi dan UMKM, BNNP Jateng juga telah memberdayakan mantan penyalahguna narkoba dengan berbagai keterampilan di rumah damping.

306
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>