Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pada perayaan Tahun Baru Imlek 2017,  nampaknya menjadi berkah tersendiri bagi pedagang martabak telur di Kawasan Ngaliyan, Kota Semarang. Betapa tidak, setiap tahun baru Imlek  Haryono sang pemilik kedai martabak di kawasan itu diserbu konsumen, bahkan menu yang disediakan sangat spesial denhgan ama Martabak Shio.

Martabak Shio buatan Haryanto hanya ada di saat Imlek saja. Tahun ini dalam kalender Tionghoa merupakan tahun Ayam Api hingga Haryono menyediakan martabak ayam api. Sesuai namanya, martabak ini merupakan martabak special dikedai martabak miliknya.

Martabak Shio Ayam Api berisi daging ayam cincang yang disajikan dengan cara dibakar dengan api, selain rendah kolesterol juga minyak penggorengan akan di bakar.

Cara membuatnya tergolong rumit, awalnya pembuatan martabak seperti halnya pembuatan pada umumnya dengan irisan daun bawang dicampur dengan empat telur bebek, kemudian dicampur dengan irisan daging ayam yang telah dimasak dengan bumbu spesial.

Setelah martabak jadi,  kemudian dilapisi lagi martabak kedua,  untuk melapisi martabak yang pertama kemudian dibakar setelah ditaburi keju dan ayam cincang, minyak yang menempelpun juga hilang dan keju meleleh, hingga martabak Shio siap disantap.

Menurut Haranto, untuk saat ini berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek , karena Shionya Shio ayam Api, Meni sepsial yang disediakanj martabak Shio Ayam Api,  martabaknya double dengan taburan ayam dan dibakar dengan api.

Seorang konsumen Wiwiet menuturkan rasa martabak Shio Ayam Api lain dari pada martabak yang biasa di dijual pada umumnya, selain martabak double (rangkap dua) rasa yang dihasilkan pun juga terasa duble serta lezat sekali.

“Untuk rasanya tentunya lain dari martabak pada umumnya, rasa yang dihasilkan terasa double, double ayamnya, double gurihnya dan double kejunya seta double banget,“ ujarnya. (HN/RS)

362
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>