Sebarkan berita ini:

6-buang-sampahSEMARANG[SemarangPedia]- Kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga masih sangat rendah, sehingga perlu menggunakan konsep baru berupa tujuh R meliputi reduce, reuse, recycle, replace, repair, resorting, dan responsibility.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan minimnya kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah berdampak terhadap pencemaran lingkungan.

Menurutnya, sikap itu perlu segera mendapat sosialisasi, sehingga dampak dari pencemaran lingkungan tersebut dapat ditekan.

“Masyarakat paling banyak membuang sampah di sungai, sepertinya ada kesalahan konsep yang turun temurun. Padahal dampak pencemarannya luar biasa,” ujarnya, di Semarang.

Dalam mengelola sampah, lanjutnya,  masyarakat Indonesia cenderung memikirkan dirinya sendiri tanpa memperhatikan pihak lain. Penting menumbuhkan rasa tanggung jawab, yang tidak hanya berfokus pada diri sendiri, tapi juga memikirkan pihak lain.

Di sisi lain, dia menambah dalam pengelolaan sampah diperlukan menggunakan konsep baru yang meliputi reduce, reuse, recycle, replace, repair, resorting, dan responsibility, responsibility.

“Dalam konsep baru pengelolaan sampah terdapat tujuh R  meliputi reduce (pengurangan), reuse (penggunaan kembali), recycle (mendaur ulang), replace (penggantian), repair (memperbaiki), resorting (memilih), dan responsibility (tanggungjawab). Responsibility ini yang paling penting,” tuturnya.

Sekarang itu, lanjutnya, perlu bagaimana menggugah masyarakat agar bertanggung jawab pada sampahnya, dengan memikirkan orang lain.

Menurutnya, upaya menggugah kesadaran itu, tidak hanya bisa dengan cara memperingatkan lewat kata-kata tapi harus diiringi pula dengan teladan. Memperingatkan dan memberi contoh membuang sampah di tempatnya adalah bagian dari menumbuhkan budaya malu.

“Kalau ini saya titip ke teman-teman PKK. Anak kecil, kalau setiap hari dibiasakan membuang sampah di tempatnya, pasti akan jadi habit (kebiasaan),” ujarnya. (RS)

 

136
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>