Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemerintah melalui Pusat Litbang Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah memiliki aplikasi Jalan Kita (Jaki), yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melaporkan kerusakan jalan dan jembatan di seluruh Indonesia.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arie Setiadi Moerwanto mengatakan aplikasi Jaki berfungsi untuk memfasilitasi partisipasi masyarakat pengguna jalan dalam memberikan informasi kondisi jalan dan jembatan di Indonesia.

Menurutnya, aplikasi itu dapat diunduh melalui application store dengan sistem operasi berbasis android, IOS, danWindows Phone.

“Kalau masyarakat menemui jalan berlubang, dipotret, dikirim saja ke aplikasi Jaki. Itu sudah ada koordinatnya dan jam berapa mengunggahnya. Karena ada koordinatnya, kami tahu jalan itu status dan kewenanganya siapa. Kalau jalan provinsi, kita langsung menginformasikan kepada Kepala Dinas Bina Marga,” ujarnya  saat beraudiensi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Ruang Kerja Gubernur, Rabu. (19/4)

Dari laporan masyarakat, lanjut Arie, pihaknya segera melakukan upaya tindak lanjut. Melalui aplikasi Jaki juga sekaligus sebagai sarana evaluasi kesigapan Direktorat Jenderal Bina Marga dalam merespon laporan masyarakat.

“Di samping itu, dapat pula digunakan untuk menganalisis suatu kejadian. Misalnya, analisis mengenai seringnya terjadi kecelakaan di spot jalan tertentu,” tuturnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan aplikasi Jaki sangat dibutuhkan masyarakat untuk melaporkan kerusakan jalan dan jembatan.

Bahkan Dia meminta agar Pemprov Jateng maupun pemerintah kabupaten/ kota mengadopsinya.

“Untuk provinsi dicontoh saja. Untuk kabupaten/ kota dicontoh saja. Yang dari dulu saya harapkan ya aplikasi ini. Ini keren. Saya sosialisasikan langsung nanti,” ujarnya. (RS)

166
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>