Sebarkan berita ini:

19-Embun1SEMARANG[SemarangPedia] – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan masyarakat untuk cerdas dalam menabung air hujan, agar saat kemarau mendatang dapat mengantisipasi kekeringan.

“PSDA saya minta untuk cek ketersediaan embung-embung. Daerah yang masih hujan pada saat kemarau basah ini, agar menabung air supaya nanti bisa panen air. Harapan kita antisipasi ini bisa dilakukan, sehingga kekurangan air saat kemarau bisa ditanggulangi,” ujarnya saat rakor menghadapi musim kemarau  dan evaluasi penanggulangan bencana di Jateng, di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, Selasa (19/7).

Terkait kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jateng, memperkirakan di sejumlah daerah meliputi Kabupaten Rembang, Brebes, Tegal, Wonogiri, dan Cilacap pada Agustus bakal terjadi kekeringan.

Melihat kondisi itu, Ganjar mengharapkan untuk daerah yang tiap tahun memiliki pengalaman menghadapi kemarau  panjang bisa menabung dengan cara sederhana. Di mana, air hujan yang turun di akhir Juli ini, bisa ditampung ke bak penampungan atau drum.

“Tampunglah airnya di situ, agar bisa digunakan saat kemarau,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini yang dibutuhkan adalah pemetaan dari BMKG Jawa Tengah mengenai titik potensi kekeringan.

“Yang kita butuhkan adalah data lebih presisi, titiknya di mana, tempatnya di mana. Maka titik dan tempat inilah yang dijadikan perhatian, sehingga kita bisa antisipasi,” ujarnya.

Mengenai kesiapan logistik, dia telah memerintahkan ke BPBD Provinsi Jateng hingga Kabupaten/Kota agar mulai menyiapkan berbagai peralatan seperti truk tangki air, dan sumber air, serta personel yang siap diterjunkan setiap saat.

“Bakorwil dan BPBD Kab/Kota mesti siap-siap menyiapkan alat dan manusianya, sehingga saat diperlukan suplay air bisa cepat. Nanti kita cek berapa truk yang tersedia dan sumber airnya,” tutur Ganjar. (RS)

100
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>