Sebarkan berita ini:

11-Petugas Sensus 1SEMARANG[SemarangPedia] –  Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah meminta masyarakat waspadai dan mengecek indentitas petugas lapangan sensus ekonomi 2016, sebagai upaya untuk menghindari terjadinya tidak kejahatan yang tidak diinginkan.

Kepala Bidang Statistik BPS Jawa Tengah Zam Zam Zamachsyari mengatakan masyarakat perlu mengecek indentitas petugas sensus ekonomi, mengingat sudah ada laporan yang masuk dengan adanya tindak kejahatan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab dengan menyamar sebagai petugas sensus ekonomi.

“Petugas sensus ekonomi memakai identitas antara lain topi, rompi, tas dengan tulisan Sensus Ekonomi 2016, serta dilengkapi surat tugas ditandatangi kepala BPS kabupaten/kota,” ujarnya, Rabu. (11/5)

Dengan demikian, lanjutnya, bila ada petugas yang datang ke rumah warga mengaku petugas sensus ekonomi, tapi tidak bisa menunjukkan identitasnya serta surat tugas agar tidak dilayani.

Dia menyebutkan jumlah petugas sensus ekonomi 2016 di Jateng sebanyak 39.101.000 orang. Pelaksanaan sensus ekonomi berlangsung 1-31 Mei 2016.

“Petugas mendatangi rumah warga secara fleksibel, bisa pagi, siang, dan malam sesuai kondisi lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Jika ada petugas sensus ekonomi, dia menambahkan yang nakal, bekerja tidak sesuai prosedur agar melaporkan ke kantor BPS kabupaten/kota.

Sementara itu, pengguna akun Facebook Tri Sugiarto membagikan tip untuk mengenali petugas sensus ekonomin di Group Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar) dan  memposting foto profil petugas sensus ekonomi.

“Kalau warga masih ragu apakah yang datang petugas sensus ekonomi atau bukan? Berikut tip untuk mengenali petugas sensus ekonomi 2016,” ujarnya.

Menurutnya, kenali ciri petugas yakni memakai topi, rompi, dan tas berlabel sensus ekonomi. Petugas akan mengenalkan diri serta menunjukkan surat keterangan tugas distempel oleh Kepala BPS kabupaten/kota di wilayah tugas.

Petugas sensus ekonomi akan menanyakan, nama kepala rumah tangga dan ada tidaknya usaha ekonomi seperti, perdagangan, transportasi, dan lainnya, bukan masalah pertanian.

Bila petugas melanjutkan dengan pertanyaan terkait usaha yang dijalankan akan menuliskan di lembar komputer formulir sensus ekonomi berwarna orange. Setelah melakukan pendataan, petugas akan menempelkan stiker di depan rumah.

122
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>