Sebarkan berita ini:

mbak itaSEMARANG [SemarangPedia] – Status tanggap darurat bencana rob yang terjadi di kawasan timur Semarang diperpanjang hingga 17 Juli mendatang, guna mengantisipasi terjadinya banjir rob yang masih mengkawatirkan.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan status tanggap darurat bencana terhadap rob di wilayah itu diperpanjang hingga 17 Juli mendatang.

“Jadi, pompa-pompa air bantuan dari pemerintah pusat untuk menanggulangi rob yang menggenang di kawasan Kaligawe Semarang belum akan diambil dulu,” ujarnya, kepada pers  di ruang kerjanya, Rabu (13/7).

Dengan penetapan status darurat bencana rob, Pemkot Semarang mendapatkan bantuan belasan pompa air dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengurangi genangan rob.

Kendati demikan, lanjutnya, upaya pemasangan pompa-pompa air berukuran besar itu hanya bersifat sementara untuk menyedot rob di kawasan Kaligawe yang akan dilalui para pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran.

“Sebenarnya pompa-pompa air tersebut ada karena adanya status tanggap darurat. Pasalnya status tanggap dauratnya yang habis pada 7 Juli, kemudian diperpanjang,” tuturnya.

Menurut Mbak Ita sapaan akran Wakil Wali Kota Semarang, masyarakat diminta tidak perlu khawatir, pompa-pompa air bantuan yang sangat membantu mengatasi rob tersebut akan ditarik seiring berakhirnya arus balik Lebaran.

Sedangkan, anggota Komisi C DPRD Kota Semarang M Sodri juga meminta, Pemkot segera menyiapkan rencana dan langkah untuk mengantisipasi rob pasca-arus mudik dan balik Lebaran.

“Rob di Semarang statusnya adalah sebagai tanggap darurat bencana. Lalu untuk penanggulangan lebih lanjut, seperti bantuan pompa-pompa berukuran besar kan sifatnya darurat untuk kepentingan mudik,” ujarnya.

Setelah arus mudik dan balik Lebaran rampung, Sodri menambahkan, bantuan pompa air akan ditarik sehingga Pemkot Semarang harus memikirkan upaya penanggulangan rob agar rob bisa dapat diatasi dengan sumber daya yang ada.

66
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>