Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Semua orang bisa berbicara tetapi belum tentu juga bisa menyampaikan pembicaraan yang bisa diterima, sekaligus menghibur orang banyak di depanya.

Pesan itu diutarakan Master of Ceromony (MC) kondang asal Kota Semarang Rina Setyaningrum atau lebih populer dikenal dengan nama panggung Rina Joe.

Wanita yang telah berkecimpung di dunia Master of Ceromony (MC) sejak 2003 dan kini telah menginjak 15 tahun karirnya ini menuturkan, menjadi berkarakter bukan dilihat dari fisik semata namun yang utama adalah menjadi diri sendiri.

“Karakter itu pembawaan diri, bukan plagiat, meniru, atau menjadi orang lain dan bukan pula pencitraan, namun menonjolkan pembawaan diri apa adanya yang sudah tentu dikemas dengan segala persiapan MC,” ujarnya kepada semarangpedia.com di acara Hits Market 2017 DP Mall Semarang. (5/5)

Alumnus Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Diponegoro Angkatan 2001 ini menganalogikan pembawaan diri ber MC dengan kegiatan Chef.

“Chef sendiri untuk menyiapkan olahan¬† makanan, dipersiapkan sedemikian rupa dari bahan dasar hingga menjadi makanan utuh dan setiap hasil makananya tidak sama antar chef lainya dan pasti memiliki citarasa berbeda, nah sama halnya ber MC, juga dipersiapkan dan tentunya dengan penggalian potensi diri,” ujar wanita yang juga menggeluti dunia menyanyi.

Penyiar Radio Ichthus pelayanan kerohanian dari Senin hingga Jumat pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB ini sempat merasakan lika – liku bergelut di dunia entertainment Semarang sebagai MC.

“Dulu ya awal masuk MC pada 2003, sebagian orang menganggap menjadi MC itu harus proporsional dari fisik ,namun sekarang ini pemikiran itu mulai memudar, malahan bukan fisik loh namun yang unik, jelek pun, sekaligus bisa membawakan diri di situasi serius, dan grapyak serta luwes dapat menghibur penonton yang dicari,” canda wanita yang berdomisili di Tembalang Semarang ini.

Dari lika – liku itu, lanjutnya, bahan bakar semangat bahagialah yang menjadi daya picu untuk terus berkarya menghibur masyarakat baik di dalam maupun di luar Kota Semarang.

“Apapun kondisinya baik sedang tidak enak badan, kalau bahan bakarnya bahagia seduh semua lewat,” tutur wanita pecinta kuliner tradisional.

Dia juga berpesan sebagai MC harus selalu bersikap rendah hati dan bisa menyesuaikan pembawaan diri baik di gemerlap panggung dan kehidupan bermayarakat.

“Terlihat loh kalau MC tidak ikhlas saat membawakan acara di panggung ada aja kesalahan dari berbicara, atau mimik wajah dan gestur serta juga sebagai MC bisa menempatkan diri, kalau di panggung tampil glamor maksimal kalau sudah selesai kembali seperti orang biasa membaur ke semua orang,” ujarnya.

Rina Joe memang dikenal dengan entertiner dengan pembawaan lucu, luwes, ceplas – ceplos dan cerdas, sehingga membuat penonton yang melihatnya pembawaanya terhibur dan terbawa suasana gembira. (RS)

261
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>