Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Potensi bencana banjir dan tanah longsor memasuki musim penghujan 2017 bakal mengancam hampir semua Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, terkecuali Kota Salatiga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Sarwa Pramana mengatakan wilayah Kota Salatiga yang tidak begitu rawan terhadap ancama bencana banjir maupun tanah longsor.

Sementara daerah lain, lanjutnya, di luar Kota Salatiga semua rawan bencana. Namun, bukan berarti pada musim hujan ini Salatiga bisa bebas longsor.

“Kita waspada daerah tinggi di kawasan dataran tinggi Kopeng,” ujarnya di Semarang, S Senin. (16/10)

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi untuk mencegah korban jiwa saat beberapa daerah diterjang banjir atau longso, di antaranya mengaktifkan posko siaga bencana di Kantor BPBD di 35 Kabupaten/Kota se-Jateng dan mengalokasikan anggaran tidak terduga Gubernur Jateng sebesar Rp45 miliar.

Selain itu, dia menambahkan BPBD Jateng juga sudah menyiapkan pengadaan logistik kebencanaan senilai Rp446 juta pada triwulan pertama. Bahkan rencana pekan kedua Oktober mendatang akan melakukan pengadaan logistik kebencanaan kembali sebesar Rp181 juta.

Dia menuturkan logistik yang disiapkan beras, mie instan, air mineral, kecap, susu, bubur bayi, dan lainnya.

“Memasuki awal musim hujan tahun ini, di Jateng akhir Desember 2017 diperkirakan menjadi puncak hujan sedangkan Februari 2017 curah hujan berangsur turun,” tuturnya.

Menurutnya, langhkah mengantisipasi banjir juga sudah siap memasang early warning system [EWS] di lima Kabupaten masing-masing satu, meski masih jauh dari kebutuhan.

Daerah yang tahun ini dipasang EWS meliputi Kabupaten Karanganyar, Purworejo, Cilacap, Kebumen dan Banyumas. (RS)

Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>