Sebarkan berita ini:

29-pelayanan-publikSEMARANG[SemarangPedia] – Seorang pengamat mengisyaratkan untuk membangun birokrasi yang lebih baik, perlu didorong melalui kompetisi antara pelayanan pemerintah dan swasta, karena selama ini masyarakat cenderung menganggap pelayanan yang dilakukan instansi pemerintah lebih lambat ketimbang pelayanan dari lembaga privat atau swasta.

“Relasi antara negara, masyarakat, dan swasta mestinya bisa lebih berkembang pada ranah pelayanan yang cepat, sehingga cara membangun birokrasi yang baik bisa dengan adanya kompetisi,” ujar Teguh Yuwono Pengamat pemerintahan dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu.

Menurutnya, selama ini sektor swasta dinilai paling cepat dalam merespons karena mereka bekerja atas dasar profit.  Padahal, masyarakat berharap pelayanan publik yang dilakukan aparatur sipil negara (ASN) setidaknya sama atau malah lebih baik daripada swasta.

“Bagi masyarakat yang penting itu hasilnya, outputnya jalan. Tidak ada suap, tidak ada pungli, semua sesuai aturan. Layanan yang didapat adalah layanan prima. Masalah bagaimana itu bisa terjadi, prosesnya bagaimana, jadi urusan pimpinan atau kepala daerah,” tuturnya.

Dia menuturkan agar layanan dapat lebih meningkat, teknologi informasi harus dikuasai, karena melalui digitalisasi birokrasi, pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, transparan, dan akuntabel dapat terwujud.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Korpri Jateng  Sri Puryono mengatakan saat ini Korpri sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

Menurutnya, dibukanya keran-keran informasi, termasuk layanan pengaduan melalui berbagai media, membuat pelayanan semakin baik.

“Seperti pelayanan di PTSP BPMD. Setiap orang yang mengajukan permohonan menandatangani pakta integritas bahwa yang bersangkutan tidak akan memberikan gratifikasi. Kalau sudah teken berarti sudah komitmen. Contoh lain yaitu layanan di Samsat yang sekarang menjadi salah satu layanan prima yang luar biasa dampaknya,” paparnya. (RS)

 

78
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>