Sebarkan berita ini:

1-hari-kesaktian-pancasilaSEMARANG[SemarangPedia] – Bagi masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila tidak perlu jauh-jauh menerapkanlah gotong- royong dalam kehidupan  sehari-hari, namun cukup dengan kehidupan nyata.

Turtiantoro Dosen FISIP Undip Semarang di depan peserta Seminar Umum Peran Pemuda Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di gedung pertemuan Balaikota Semarang, Minggu 2 Oktober 2016 menuturkan nilai-nilai kerja bakti berbeda dengan nilai-nilai yang terkandung gotong- royong, karena gotong royong berdasarkan kesadaran pribadi, tanpa paksaan, sedangkan kerja bakti didasarkan atas perintah atau instruksi.

Menurutnya, di dalam gotong royong terdapat nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan mufakat, keadilan sosial.

“Cara paling mudah mengamalkan nilai-nilai pancasila adalah dengan menerapkan gotong royong dalam kehidupan nyata,” ujarnya.

Jangan hanya memahami, dia menambahkan dalam gotong royong skala sempit seperti kerja bakti tapi gotong- royong dalam segala hal.

Selain itu, lanjutnya, jika di Indonesia yang memiliki demokrasi Pancasila merupakan satu-satunya negara yang penerapan demokrasinya paling baik.

1-seminar“Seharusnya negara-negara di dunia ini belajar ke Indonesia, untuk masalah demokrasi” tuturnya

Sementara itu, Arya Setya Novanto Ketua Penyelenggara menuturkan seminar di gelar dalam rangka untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Kegiatan itu dilaksanakan dari Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Universitas Diponegoro (Sapma PP Undip)

“Di era modern ini banyak pemuda-pemuda yang belum mengamalkan Pancasila, dengan seminar ini diharapkan agar generasi muda dapat lebih mengamalkan Pancasila sebagai ideologi negara” ujarnya.

Arya yang juga merupakan putra dari Wakil Ketua DPRD Kota semarang mengatakan seminar itu diikuti dari perwakilan pelajar SMA/SMK dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi  yang ada di Kota Semarang, serta organisasi kepemudaan seperti KNPI, Pemuda Pancasila, GMNI dan lainnya. (RS)

267
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>