Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemarangPedia] – Masih ingat dan pernah memainkan permainan catur, monopoli maupun ular tangga? Sangat mengasyikan bukan permainan itu, apalagi bermainnya beramai-ramai dengan kawan.

Ternyata permainan tadi tergolong dalam jenis permainan papan atau lebih bekennya sekarang dikenal dengan Boardgame. Walaupun terkesan jadul, game ini masih banyak digemari dan bahkan tumbuh sekaligus berinovasi.

Salah satu kumpulan pemuda yang getol memainkannya, Komunitas Boardgame Semarang (KOBAR). Mereka yang baru terbentuk tahun lalu, tepatnya 22 Agustus 2015 ini mencoba mempopulerkan kembali dengan gaya masa kini.

“Boardgame itu permainan yang memiliki bentuk fisik dengan peraturan dan tema berbeda untuk dimainkan,” ujar Alfons Christian Hardjana Anggota Kobar saat ditemui SemarangPedia.com, akhir pekan lalu.

Processed with VSCO

Di menjelaskan awal terbentuknya komunitas ini karena para anggotanya dipertemukan dalam suatu event perlombaan Boardgame nasional yang diadakan salah satu media cetak terbesar di Jakarta.

“Sehabis kompetisi itu kita semakin intens berkumpul dan akhirnya dibentuk komunitas,” tutur Alfons.

Game yang dimainkan beragam. David Kurniawan, juga anggota Kobar mengatakan di komunitasnya game yang dimainkan sejenis game kartu, yang sifatnya party bisa dimainkan lebih dari 4 orang detektif.

“Salah satunya, Cluedo, Game detektif dimana mencari pelaku kejahatanya siapa, tempatnya dimana dan alat apa yang digunakan pelaku. Ada pula Werewolf yang cukup terkenal. Hampir sama mencari siapa yang menjadi Werewolfnya,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan sejumlah boardgame, di Indonesia sudah tersedia. khusus mencari boardgame buatan indonesia di Manikmaya.com tersedia.

“Kita kumpul lebih fleksibel dan kalau mau bergabung kita terbuka, kepoin aja instagram kita kobar_komunitasbgsemarang dan facebook kita Kobar Semarang,” ujarnya. (RS)

150
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>