Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melantik sebanyak 522 siswa Tunas Taruna angkatan 55 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menjadi Taruna Muda dan menutup Diklat Pemberdayaan Masyarakat 2018 di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pard, PIP, Semarang, Jum’at (7/18).

Menurut Budi Karya, pelantikan itu terdiri Taruna Muda Program Studi (Prodi) Nautika sebanyak 217 siswa, Prodi Teknika 190 siswa dan  Prodi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK) sebanyak 115 siswa.

“Dari jumlah sebanyak itu, tercatat sebanyak 472 siswa di antaranya laki-laki dan sisanya 50 siswi perempuan,” ujarnya.

Usai pelantikan Taruna Muda, Budi Karya menutup kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2018.

Budi menuturkan pada tahun Anggaran 2018 PIP Semarang mendapatkan tugas dari negara untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut.

Program tersebut, dia menambahkan dimulai pada 12 Februari 2018 dan berakhir Desember 2018.

Program DPM meliputi Diklat Keterampilan Pelaut Basic Safety Training (BST) dengan waktu diklat selama 9 hari, Diklat Security Awareness Training (SAT) dengan waktu diklat selama 1 hari dan Diklat dengan (AFF) dengan waktu diklat selama 4 hari.

“Pada 2019 adalah tahun sumber daya manusia, kami menyekolahkan ratusan siswa DPM agar mendapatkan keahlian kelautan, sehingga kapal kita di Nusantara dikerjakan anak-anak muda,” tuturnya.

DPM merupakan Program Strategis Nasional dalam rangka pengentasan kemiskinan dan pengurangan angka pengangguran.  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan skill keterampilan yang dapat digunakan masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan ataupun mandiri.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan pula penandatanganan MoU untuk DPM 2019 antara PIP Semarang yang dalam hal ini oleh Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E dengan Windhu Handayani Direktur PT Java Princessesha,  Capt  H. Arijanto, M.Mar  Kepala Sekolah SMK Pelayaran Akpelni dan Muji Wahyudi Ketua Paguyuban Nelayan Lancar (Nalar) Kota Tegal.

Pada acara itu, Menhub juga menandatangani prasasti peresmian Klinik Utama PIP Semarang. (RS)

10
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>