Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Diskusi menarik dari Blogger Semarang pada “Blogger Meet Up Talkshow” ikut meramaikan Hype Market 2018 yang digelar di Pasaraya SriRatu Pemuda Semarang, Sabtu (3/2).

Ada dua sesi diskusi menarik tentang kiat sukses bergelut di dunia blog yang diberikan kepada empat pembicara cantik kepada puluhan audiensi yang datang.

Pada sesi pertama dua blogger dari Komunitas Blogger Gandjer Rel Uniek Kaswarganti dan Tarie Lestarie mendiskuksikan “Belajar Ngeblog Untuk Pemula”.

“Fokusnya, jadi untuk mengawalinya tulis aja apapun,  nah kalau sudah tahu dan konsisten, nanti bakal ketemu ritmennya, kemudian dari situ bisa gabung komunitas, ” ujar Uniek Kaswarganti.

Uniek menuturkan menjaga konsistensi bisa dengan tajamkan intuisi, melihat di sekelilingnya apa yang bisa ditulis dan tentukan waktu dan kalau nulis jangan sambil ngedit.

Sedangkan Tarie Lestarie mengungkapkan dengan menulis blog kesenangan akan pribadi tentang sesuatu hal dapat tersalurkan.

“Ngeblog itu kesenangan tersendiri, jika mendapat kerja sama itu reward dan ngeblog itu butuh proses, ngeblog sendiri memang harus konsisten, kalau tidak memang berat tetapi itu bisa ditanggulangi dengan bergabung ke  komunitas,” tutur Dewi.

Sesi terakhir lebih seru diisi oleh Nia Nurdiansyah dan Novia Domi dari Titik Tengah Partnership yang membahas tentang “Personal Branding Untuk Blogger”.

“Personal branding itu melekat pada diri, contohnya seperti Mba Dinda (audiensi) ini mengatakan yang melekat pada dirinya adalah makanan, berarti branding dirinya makanan nah itu namanya personal branding” kata Nia Nurdiansyah.

Kaitanya dengan blogger, Nia mengatakan ada kesamaan antara keduanya.

“Menulis dan branding itu sangat erat hubunganya jadi bagi blogger pemula harus memahami passion dirinya dimana menurut saya ada 4 hal kaitan dengan passion dan 4 hal itu haruslah sesuatu yang dikuasi dalam diri, ” tuturnya.

Sementara Novia Domi mengawali menjadi blogger jangan berorientasi pada mencari pendapatan.

“Untuk mengawali menjadi blogger jangan langsung terpancang atau orientasi pada mencari pendapatan, tetapi lakukanlah dahulu sesuai kesenangan dan tentunya kembali adalah konsisten, nanti sesuatu yang tidak terduga muncul bisa link pertemanan atau kerja sama,” tutur Novia

Media sosial, Novia menambahkan juga harus dimanfaatakan untuk menyebarkan personal branding dalam menggeluti dunia blog.

“Saat ini kan banyak ya medsos digunakan untuk update status galau-galau, nah kita bisa tuh update tentang informasi apa yang kita tulis dan arahkan ke link blog kita, sehingga orang bisa tahu, juga share tulisan kita ke medsos lain, ujarnya.(RS)

127
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>