Sebarkan berita ini:

8-mensos-kofifahSEMARANG[SemarangPedia) – Kementerian Sosial siap memfasilitasi pemulangan para pengikut Dimas Kanjeng Taat Pribadi, saat ini  masih bertahan di padepokan Dimas Kanjeng Probolinggo, Jawa Timur.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengatakan hingga saat ini ada dua tim dari Kementerian Sosial  masih melakukan pendataan terkait jumlah pengikut Dimas Kanjeng yang masih bertahan di padepokan.

Kementerian Sosial, lanjutnya, telah berkoordinasi terus dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan Dinsos Kabupaten Probolinggo untuk update jumlah pengikut Dimas Kanjeng

“Kalau mereka ingin pulang namun tidak memiliki  uang dan itu masih di wilayah Jawa, maka akan dipulangkan dengan menggunakan Bus Damri. Kalau di luar Jawa bisa dipulangkan dengan menggunakan Kapal Pelni,” ujarnya usai mengisi kuliah umum di Univesitas Negeri Semarang (Unnes), di Semarang, Sabtu. (8/10)

Menurutnya, pemulangan pengikut Dimas Kanjeng di Probolinggo, aka dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah banyak dilakukan pemerintah. Seperti halnya, langkah Kemensos memulangkan  TKI bermasalah di luar negeri.

Dinsos Kabupaten Probolinggo menyatakan aktivitas yang dilakukan Kanjeng Dimas Taat Pribadi merupakan masuk bencana sosial, sehingga untuk pemulangan bisa dilakukan secepat mungkin.

Dia menuturkan pemberian kompensasi bagi korban penipuan Dimas Kanjeng, kini masih terus melakukan pendataan, sehingga dapat dipetakan apakah korban tersebut kategori miskin atau tidak,  jika pengikut Dimas Kanjeng masuk kategori miskin akan dapat bantuan dari program keluarga harapan.

“Jika mereka kategori keluarga kurang mampu, maka mereka akan mendapatkan jaminan hidup Rp900.000 untuk satu kali,” tuturnya. (HN/RS)

173
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>