Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemaranngPedia] -Kawasan Kota Lama Semarang kini telah bersolek seamkin menarik, seluruh bangunan gedung tua mulai direnovasi dan  dijadikan sebagai perkantoran, perbankan, restoran, cafe dan galeri seni.

Sebuah bangunan gedung kuno di Kota Lama, Marabunta Gedung Multiguna (MGM) Semarang telah dusulap dengan wajah baru. Lokasinya di Jalan Cendrawasih No 23, cafe yang mulai beroprasi 25 Juli 2015 ini menyajikan nuansa Cafe & Gallery berbalut kemegahan arsitektur Eropa di masa lalu.

Di tangan Alexandra Tritantiya, gedung yang ikonik dengan patung semut merah raksasanya ini kemudian dikelola menjadi sebuah cafe tanpa merubah ornamen arsitektur asli yang telah ada.

“Mengingat di beberapa lokasi di kawasan kota lama masih ada yang sepi, gelap dan cenderung rawan, kini MGM ingin merubah menjadi terang benderang tidak gelap lagi, dan menyemarakan keramaian di kawasan kota lama itu,”, tutur Alexandra kepada SemarangPedia.com.

Bangunan kuno cafe ini memang memiliki muatan sejarah yang cukup kental. Sekitar 1890 an tempat ini menjadi berkumpulnya orang belanda untuk menyaksikan pertunjukan opera tari oleh wanita cantik bernama Margaretha Geertruida Grietje Zelle. Wanita tersebut lebih dikenal sebagai “Mata Hari”. Dan kini sejarah itu melebur dalam Cafe MGM.

Processed with VSCO

Begitu menginjak depan pintu masuk cafe, motor gandeng kuno langsung dijumpai sebagai sambutan awal. Nuansa klasik interior khas Eropa terlihat jelas ketika masuk ke dalam cafe ini.

Melihat di sekeliling, hall yang cukup luas layaknya opera dimasa lalu tergambarkan. Langit-langit bangunan terlihat seperti layaknya kapal terbalik yang semuanya dilapisi dengan kayu jati asli.

Mini bar berbentuk perahu berdiri megah, siap menyambut kedatangan para tamu yang ingin memesan menu makan dan minuman.

Yang mengesankan, siluet akan terlihat ketika matahari masuk menembus Jendela besar dengan ornamen kaca berbentuk noni belanda yang terbuka lebar.

Tempat ini juga menambahkan berbagai koleksi barang antik seperti motor tua dan barang elektronik kuno yang bisa memanjakan susana cafe.

Processed with VSCO

Untuk memanjakan pengunjung dengan suasana klasik cafenya, Alexandra sapaanya mengatakan di MGM Cafe  menyediakan berbagai macam menu andalan.

“Mulai dari sajian dessert; Premium Green Tea Ice Cream, main; course nya, Chicken Steak, Bakso Rambut, MGM Firied Rice, Yin Yang Somay, minuman; Matcha Latte Green Tea, Bir Temu Lawak, aneka snack dan masih banyak yang lainya yang bisa dipilih sesuai selera”, ujarnya.

Harga dari menu bervariasi dan terjangkau bagi kalangan remaja. Harga menu yang disajikan dari Rp12.000 sampai Rp45.000.  “Khusus bulan ini menginjak 1st Anniversary kita sediakan diskon 40% plus free ice cream bagi pengunjung dari tanggal 25 – 27 Juli 2016”, tuturnya

Selain sebagai Cafe, tempat ini sering dijadikan ajang berkumpulnya komunitas seni di Semarang. Terkadang acara pentas seni dan musik juga juga diselenggarakan di café ini. (RS)

 

559
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>