Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Para Kepala SMA Negeri dan Swasta se-Kota Semarang yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) siap mensukseskan program Walikota Semarang menyapa dan mengajar yang akan dimulai November mendatang.

Ketua MKKS SMA Kota Semarang Drs Wiharto MPd mengatakan kehadiran walikota di satuan – satuan pendidikan untuk menyapa dan mengajar itu, dapat menginspirasi para peserta didik SMA untuk lebih bersemangat dalam belajar dan berlatih dalam menghadapi problem kekinian dan yang akan datang.

“Kami dukung sepenuhnya program ini dan diharapkan realisasi program ini sekaligus dapat mendorong percepatan terwujudnya Semarang Hebat,” ujar Wiharto dalam acara Perkenalan pengurus Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) dengan pra kepala SMA Negeri dan Swasta Se-Kota Semarang di aula penerbit Erlangga Semarang, Rabu (23/10).

Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH MHum menuturkan upaya Walikota Semarang untuk mewujudkan Semarang Hebat memang harus didukung oleh semua pihak, sesuai dengan porsi, proporsi dan fungsi yang melekat pada para pihak

“Karena posisi dan proporsi dewan pendidikan dan kepala SMA di ranah pendidikan maka kita semua harus bekerja keras untuk memberikan kontribusi pada program Semarang Hebat melalui jalur pendidikan,” tutur Budiyanto.

Menurutnya, dengan mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan menghadirkan pendidikan yang bermakna pada setiap diri peserta didik, maka secara langsung satuan pendidikan SMA telah berkontribusi membantu walikota dalam mewujudkan Semarang Hebat di bidang pendidikan.

Dia mengatakan untuk mewujudkan harapan itu, tentu tidak mudah dan perlu ketekunan, keseriusan, kesabaran, semangat patriotisme dan kerja keras yang didukung para pemangku kepentingan di bidang pendidikan.

DPKS, lanjutnya, telah berupaya  keras tanpa dan kenal lelah dalam memberikan masukan -masukan terkait problematika di bidang pendidikan yang ada di Kota Semarang kepada walikota.

Dia menambahkan masukan – masukan DPKS berbasis data, fakta dan informasi yang diperoleh di lapangan, selama ini seluruh pengurus bersama Pokja DPKS turun ke lapangan menginventarisir berbagai masalah pendidikan.

Dari aktifitas ini, tutur Budiyanto, DPKS mendalami temuan – temuan yang ada untuk dijadikan rumusan, rekomendasi dan usulan yang selanjutnya disampaikan kepada Walikota Semarang untuk dijadikan bahan dalam mengambil kebijakan di bidang pendidikan.

Tentunya, sangat diharapkan kebijakan di bidang layanan terhadap peserta didik SMA di Kota Semarang itu, yang pada akhirnya dapat melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas, terampil, kompeten dan profesional tetapi  sekaligus memiliki karakter  kuat, mandiri dan berintegritas.

“Peran guru dan kepala sekolah sangat besar untuk mewujudkan profil generasi yang seperti itu,  kami berharap para guru dalam menjalankan tugas tidak sebatas memenuhi kewajiban menyelesaikan pekerjaan saja, tetapi lebih dari itu,” ujarnya

Artinya, menurutnya, dalam menjalankan tugas pembelajaran para guru selalu mendorong agar peserta didik mampu mengenali, sekaligus mengembangkan potensinya, sehingga pada saat berada ditengah – tengah masyarakat dapat memberi nilai manfaat dan tambah bagi lingkungannya. (SMH/RS)

6
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>