Sebarkan berita ini:

6-motor-kustomYOGYAKARTA [SemarangPedia] – Ajang empat tahunan Kustomfest, Festival Kustom Kulture Indonesia yang bertajuk Kustomfest 2016 Reborn Legend akan diselenggarkan di Jogja Expo Center Hall, Yogyakarta (JEC) pada 8-9 Oktober 2016 dan bakal menampilkan karya-karya kustom terbaik Indonesia salah satunya Lulut Wahyudi.

Pemilik Retro Classic Cycles Yogyakarta telah merancang karya kustom istimewa bernama Kebo Bule, yang khusus diperuntukan dalam gelaran Kustomfest 2016 Reborn Legend.

“Inspirasi membuat kustom motor Kebo Bule itu saya dapat ketika termenung melihat detail kereta kencana Paksi Naga Liman Kesultanan Kanoman Cirebon yang dibuat pada 1350 Saka atau 1428 Masehi oleh Pangeran Losari, yang menjadi kereta kebesaran Sunan Gunung Jati Cirebon,” ujaranya kepada semarangpedia.com, Kamis. (6/10).

Dari hasil pengamatan itulah, lanjutnya, selama 30 hari pengerjaan meramu inspirasi dari kereta Paksi Naga Liman ke dalam sosok motor kustom berbasis American Traditional Old School Chopper bernuansa motif Cirebon.

“Memilih gaya tradisional chopper Amerika, karena chopper itu selalu abadi dan tentunya sisi kearifan lokal tetap terjaga melalui budaya Nusantara seperti Cirebonan,” tuturnya.

Meski dengan waktu terbatas, Lulut mencurahkan segala kemampuan dalam craftmanship motor ini agar benar-benar berkarakter Setiap detail mulai dari konstruksi frame, pemilihan setang dan posisi mengendarainya telah dirancang sedemikian, sehingga menimbulkan kesan glamour serta menonjolkan paduan kuat antara art dan engineering.

“Melalui Kebo Bule ini, saya menyempurnakan apa yang didapatkan dengan memperhatikan semua sudut. Misalnya, perpaduan fork springer dengan dimensi handlebar mini ape hanger untuk menjadi satu ciri sosok chopper bergaya tradisional namun tidak meninggalkan sisi ergonomis dan kenyamanan handling-nya ,” ujarnya

Dalam hal mesin, Lulut menambahkan menggunakan American V Twin Sportster berbalut aksesori mesin dari EMD.

“Untuk paint bodynya, saya mempercayakan painter muda Titah Argayoga dari Retro Syndicate Kustom Paint untuk melebur dan mengeksplorasi Kebo Bule,” tuturnya. (RS)

264
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>