Sebarkan berita ini:

24-MPLS SulaSEMARANG[SemarangPedia] – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan media strategis dalam pembinaan mental, skil, disiplin dan penuh tanggungjawab.

M Sabardi Ketua Panitia MPLS SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang mengatakan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan potensi dan bakat di internal civitas akademika SMP Islam Sultan Agung 4.

“Ini merupakan wadah atau jembatan kreatifitas atau prestasi dibidangnya masing-masing guna memebentuk para siswa baru yg penuh dedikasi, loyalitas, disiplin, bertaqwa dan bertanggungjawab” ujarnya kepada SemarangPedia.com.

Dia mengharapkan momentum ini dapat dijadikan barometer dan langkah awal menuju sebuah dinamisasi dalam sebuah institusi pendidikan.

Sementara itu, Pembantu Pelaksana (PP) Bidang Kesiswaan SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang, Nur Hidayat menuturkan rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang dilaksaakan, guna membantu proses adaptasi siswa baru dengan lingkungan sekolah

“Para siswa baru itu lebih mengenal secara dekat lingkungan sekolah, sehingga siswa itu bisa nyaman berada di dalam sekolah, karena sudah seperti di lingkungan keluarganya sendiri,” tuturnya

24-MPLS Sula4Materi kegiatannya, lanjutnya, mengacu pada silabus Permendikbud No 18 Tahun 2016, sehingga tidak ada perploncoan dalam pelaksanaan MPLS di sekolahnya. Bahkan, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dinilai penting, sehingga pihak sekolah mengisinya dengan hal-hal yang positif dan edukatif.

“Tidak ada perploncoan. Hanya diisi dengan kegiatan yang bersifat edukatif. Pentingnya, siswa itu tidak ada rasa takut dan khawatir karena mereka sudah merasa sebagai keluarga sendiri. Menganggap ibu guru sebagai orang tua mereka,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan, termasuk penyampaian materi tentang anti narkoba, budaya bela negara, salam Abita, sosialisasi kesehatan, pelantunan lagu mars MPLS, dan materi pendukung digalakkan oleh sekolah.

“Semuanya untuk mengenalkan lingkungan sekolah dan tetap mengandung unsur penumbuhan karakter, baik itu kedisiplinan, cinta lingkungan serta untuk penumbuhan budi pekerti lainnya. Seperti keramahan, bagaimana cara berkomunikasi, serta bagaimana mengenal lingkungan sekolah ini dengan baik. Senyum salam sapa salim kita tanamkan kepada anak,” ujarnya.

MPLS, dia menambahkan  dilaksanakan selama tiga hari, dan ditutup dengan ajang kreasi dan seni guna menggali bakat, minat, dan potensi siswa baru. Kegiatan ini diikuti semua siswa, beserta guru dan karyawan. (RS)

174
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>