Sebarkan berita ini:

Processed with VSCOSEMARANG [SemarangPedia] – Ada yang khas, khususnya pada bulan Ramadhan di salah satu masjid tertua di Kota Semarang. Masjid tersebut bernama Masjid Jami Pekojan, Masjid yang berlokasi di Jalan Petolongan 1 ini rutin membuat dan membagikan jaburan berupa bubur India.

Ahmad Ali, muslim keturunan Gujarat India, generasi ke empat yang dipercaya meracik bubur India di Masjid Pekojan. “Bubur India ini pertama kali diperkenalkan oleh musafir asal Gujarat India yang datang ke Jalan Pekojan pada saat bulan ramadhan. Gujarat India ini membuat bubur untuk menu jaburan berbuka puasa di Masjid Jami Pekojan bersama warga sekitar,” jelasnya saat di temui semarangpedia.com disela – sela meracik bubur, rabu (8/6).

Dari situlah, Ali sapaan akrabnya, tradisi membuat bubur khas india menjadi salah satu tradisi yang sampai saat ini tetap terjaga di Masjid Jami Pekojan sejak 1878.

“Cara memasak bubur India ala Masjid Jami’ Pekojan memang unik. Dua buah drum berukuran besar disiapkan untuk merebus air dan beras hingga menjadi bubur. Secara bersamaan 8 jenis rempah-rempah beraroma kuat dicampurkan ke dalam adonan bubur,” kata Ali.

Rempah yang di gunakan, Ali menambahkan, yakni ada jahe, serai, cengkeh, daun salam, daun pandan, wortel, kayu manis, sayuran. dan bawang merah dan putih supaya rasa bubur India jadi lengkap. Proses memasaknya memang cukup lama, sekitar 3 jam-an, dimulai dari lepas tengah hari.

Processed with VSCO

Bubur yang telah jadi, kata Ali, kemudian dibagikan musafir yang kebetulan melintas dan lainnya disajikan dalam mangkuk plastik, bersamaan dengan kurma dan teh susu tarik sebagai hidangan berbuka puasa.

“Setiap hari kurang lebih 200 mangkok bubur yang disediakan, itu saja bisa lebih” ungkapnya.

Bubur India ini sebenarnya hanya bubur putih biasa, yang membedakannya, selain masih menggunakan tungku kayu untuk memasaknya serta campuran bubur dihidangan berbeda di setiap harinya dan hanya ada di Masjid Jami Pekojan.

Kenikmatan itu memang sangat terasa ketika seluruh musafir membaur, menyatap bubur bersama-bersama yang membuat suasana berbuka puasa di Masjid Jami Pekojan menjadi lebih berkesan.

Tertarik merasakan lezatnya bubur India Masjid Jami’ Pekojan sebagai menu berbuka puasa? Mampir saja ke masjidnya saat menjelang waktu berbuka puasa.(AC)

161
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>