Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]  – Donat memang dikenal sebagai makanan yang begitu populer dan disukai semua kalangan.

Bentuknya yang khas yakni bulat berlubang tengah yang nampak menyerupai cincin, ditambah taburan gula halus, menjadi karakteristik yang dicari pengemarnya.

Pada umumya donat berbahan dasar tepung terigu, namun ada juga yang memberikan variasi lain dengan menambahkan kentang pada adonannya.

Ditangan Thia Oktavia adonan kentang dalam bentuk tepung, menjadi bahan dasarnya, sekaligus mengkreasikan bentuk donat dengan varian rasa dan rupa yang begitu menarik.

“Saya memilih kentang sebagai adonan tepungnya karena jenis donat kentang punya kelebihan yakni tekstur yang empuk dan lembut,” ujarnya kepada semarangpedia.com.

Thia panggilan akrabnya mengatakan untuk meramu donat kentang, dia harus berjibaku di dapur produksinya, mengutak atik resep adonan donat hingga memperoleh tekstur donat kentang yang sesuai keinginan.

“Pada 2015 terbesit di pikiran dan kangen akan donat, akhirnya saya yang sebelumnya menjual produk kuliner orang lain secara online, kini memberanikan diri membuat donat sendiri dengan nama Doniteni dan terhitung lebih dari 10 kali mengalami trail dan error hingga September 2016,” tuturnya.

Akhirnya dengan kegigihannya, wanita yang sejak SMA 1991 berjualan donat halus, menemukan adonan donat kentang yang pas, sekaligus memberanikan diri memasarkan donat yang di beri nama Doniteni Donat Kentang.

“Mulai November 2016 donat Doniteni di pasarkan dan ikut pertama kali event Porsimaptar dengan menjajakan toping sederhana yakni keju gula halus,” ujar Thia.

Sejak saat itu Thia mulai mendapatkan masukan dari pelanggan untuk mengkreasikan donat dengan beragam rasa dan toping yang menggugah selera.

“Seperti namanya Doniteni yang diambil dari bahasa Jawa, podo (sama – sama), niteni (kenal) dimana dengan sajian beragam rasa, Doniteni bisa lebih dikenal masyarakat,” tuturnya

Tidak tanggung – tanggung, Doniteni menyuguhkan tiga varian toping yakni toping klasik, toping cantik, dan donat kebab.

Pada toping klasik disajikan mulai dari donat gula halus, keju, meises warna warni, meises coklat, meises rasa kacang, mix meises warna dan keju, mix meises coklat dan keju, mix oreo dan keju, mix meises coklat dan meises warna warni, salut coklat, coklat kacang dan oreo

Di topping cantik rasa nikmat bisa dipilih di antaranya mulai dari donat greentea, tiramisu, cappucino, pink strobery, red strobery, purple blueberry dan green apple

Sedangkan toping varian almondnya ada donat cappucino almond, greentea almond, coklat almond. Dimana ketiga toping itu ditawarkan terjangkau.

“Ukuran donat sendiri kita buat tidak terlalu besar, ukuran mini dibuat dari 6-7 cm sedangkan yang besar 8-9 cm dimana harga toping klasik dan toping cantik dijual Rp3.500 sementara toping varian almond Rp4.500,” ujarnya.

Menurutnya, Doniteni juga telah meluncurkan varian rasa terbaru yakni Donat Kebab dengan harga Rp5.000 dan Donat Es Krim Sandwich  yang dijual Rp7.000.

“Donat kebab sendiri pertama dan hanya ada di Donateni dengan toping berupa daging keban dan saus pada sedangkan donat Es Krim Sandwich kita kolaborasi dengan Cmox Ice Cream,” tuturnya.

Selama menjalani bisnis donat yang terhitung telah berjalan selama delapan bulan, Thia mengaku sejumlah permintaan pemesanan baik partai kecil maupun partai besar.

“Sebagian besar dari acara syukuran maupun ulang tahun dimana permintaan pemesannya custom donat karakter juga menggarap pula pesanan dari mulai hantaran, oleh – oleh acara lamaran maupun syukuran lainya,” ujarnya

Dia menuturkan keuntungan dari menjual donat kentang didapat. “Modal awal duluhanya Rp100.000 hingga kini pengembalian modal dan keuntungan yang didapat sudah bisa 100%,” tuturnya.

Sementara Agus Waskito pengracik donat kreasi yang juga adik ipar dari Thia mengatakan permintaan pembuatan donat custom dari konsumen beragam.

“Kalau custom donat biasa mudah ya satu donat kurang lebih 15 menit, yang susah prnnintaan khusus, konsumen macam – macam mintanya, minta bentuk, ini itu ya kami coba layani dengan maksimal, karena butuh kejelian jadinya butuh setengah jam untuk menyelesaikan donat kreasinya,” ujarnya

Penasaran dengan kenikmatan donat kentang Doniteni bisa kunjungi Cafe Walk DP Mall setiap Jumat, Sabtu dan Minggu yang buka pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Atau yang mau pesan antar bisa melalui aplikasi atau hubungi langsung 081229073939.

729
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>