Sebarkan berita ini:

3-PecelSEMARANG[SemarangPedia] – Warung makan yang tampil sederhana di teras sebuah rumah di Jl. Pekunden Timur I No 2 belakang SD di Kota Semarang ini tidak pernah sepi, setiap hari pengunjung berdatangan untuk menikmati masakan yang dikenal dengan pecelnya.

Namanya, Warung Makan Rujak Cingkur Bu Sri setiap hari buka pagi hingga siang. Lokasinya di pusat kota, meski masuk di sebuah gang Pekunden,  dari arah Simpang Lima menuju jln Pandanaran dan perempatan pertama belok kanan, kemudian belok kanan
lagi, ketemu SD, nah di jalan samping kirinya SD, posisi kanan jalan sudah terlihat Warung Bu Sri.

Menu yang disajikan memang bukan khas Semarang, tetapi berbagai menu seperti Rujak Cingur, Lontong, Rujak Surabaya, Lontong, Gado, Pecel, Janganan Lontong, Pecel Kangkung, Lontong, Rujak Buah, Iris tersedia di Warung Bu Sri ini.

Selain menu itu ,Warung Bu Sri ini juga menyajikan Bubur, Ketan Hitam, Es Kolak, Kolak Bubur Kolak,  Degan, Es Kelapa Muda, Es Blewah (musiman), Es Campur dan lainnya.

Warung ini dibuka sudah puluhan tahun dan hingga sekarang pelanggannya pun juga sudah ribuan. Namun pengunjung yang datang tidak hanya warga Semarang, tetapi banyak yang dari luar daerah yang sengaja mampi saat melintas di Kota Semarang.

Tempatnya sederhana hanya menggunakan bagian samping rumah Bu Sri yang tidak terlalu luas, hanya berkapasitas 20 orang. Walau bukan  makanan Semarang asli, tapi warung ini punya tempat tersendiri di  hati orang Semarang.

Berbeda dengan menu pecel2 ala Semarang lainnya, pecel Bu Sri disiram bumbu kacang tapi bumbu petis yang tasty, bumbu petisnya sendiri tidak sebesar Rujak Cinguran Surabaya tapi lebih light, mungkin di tengah2 antara bumbu rujak cingur dan brambang asem ala Solo.

Pengunjung yang tidak suka petis, bisa pesen Pecel Sayur menggunakan bumbu gado2nya, bahkan para tamu sambil menunggu pesanan datang, bisa menikmati martabak telur mininya yang crispy dan gurih banget, isinya sederhana  hanya telur dan daun bawang, tapi memang baik sekali kualitas kulit  dan isinya.

Jajanan lain yang disediakan di piring2 di meja adalah  tahu/tempe bacem dan bihun goreng yang dibungkus daun pisang dan ditata  apik di piring makan.

3-Warung Bu Sri

Menu lain Pecel Kangkung berkomposisi irisan tahu kulit goreng dibagian dasar kemudian ditutupi dengan kangkung yang direbus sebentar juga sangatlah lezat,  sehingga masih crunchy.

Kemudian disiram dengan bumbu petis yang diulek dengan irisan cabe dan beberapa komponen lain. Duh seger  banget ni makanan, petisnya ngeblend dengan kangkungya, irisan tahu gorengnya menjadi pendamping yang kalem, karena bumbunya tidak seberat bumbu rujak cingur jadi kesan menu ini adalah segar dan summer  banget. Rasa pedas dari Rujak Kangkung ini memang pasnya dipadamkan  dengan es2an, Es Kolak Degan  pas banget untuk memadamkan kebakaran pedas.

Isi es Kolak pisang kepok dan kolang kaling dalam kuah santan yang pas richnya dan pas manisya, lalu diberi kerokan degan (kelapa muda) yang generous, dan diberi sedikit touch sirup merah.

Kolaknya sungguh bernuansa rumahan, honest banget dengan santan gula merah yang baik dengan sedikit hint kayu manis, cengkeh dan pandan,  bila anda seorang kolak purist, saat memesan boleh bilang nggak pakai sirupnya.

Naahh …bagi pecinta kuliner denan menu pecel Warung Bu Sri sangatlah cocok untuk dicoba, dijamin bakaln ketagihan, karena menu Bu Sri paling banyak digemari rang di Kota Semarang.

2.392
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>