Sebarkan berita ini:

23-KalibaruSEMARANG[SemarangPedia] – Wisata alam Kalibiru mulai banyak dikunjungan wisatawan dan kini paling digemari di kalangan kaum muda para pecinta traveler, karena lokasinya sangat menarik untuk berfoto ria dengan pemandangan keindahan alam dan rindangnya pepohonan hutan sangat menyejukkan.

Lokasi wisata hutan alam Kalibiru tidak begitu jauh, terletak di Kabupaten Kulon Progo, DIY dan merupakan hutan wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. Selain menjadi tujuan untuk foto yang lagi nge-hits dengan foto di atas pohon, tempat ini juga dilengkapi berbagai fasilitas di antaranya jalur tracking, homestay, gardu pandang, camping ground, dan fasilitas outbond.

Dari tempat obyek wisatan hutan alam ini, wisatawan bisa menyaksikan landskap pemandangan indah Perbukitan Menoreh yang menghijau serta panorama Waduk Sermo.

Kalibiru yang terletak di lereng perbukitan Monoreh itu memiliki suhu yang sejuk dan udara segar, sehingga sangat mengasyikkan untuk berlibur dan bermalam baik maanfaatkan homestay maupun Camping ground yang disediakan.

23-Gerbang KalibiruKawasan hutan alam ini awalnya milik pemerintah, namun, kini hutan itu dikelola oleh masyarakat setempat dan dikembangkan menjadi obyek wisata alam sekaligus wisata edukasi. Fasilitas yang ditonjolkan di tempat ini jalur traking dengan pemandangan yang menawan. Wisatawan yang penat dengan kehidupan kota pun bisa berjalan-jalan di hutan Kalibiru untuk menikmati kesegaran sejuknya udara hutan dan mendengarkan aneka kicau burung yang merdu serta derik serangga.

Di lokasi wisata ini juga dilengkapi areal parkir yang cukup luas dan diwarnai sejumlah kedai makanan, bahkan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang bersih serta pendopo, enam pondok wisata yang memiliki  kapasitas 10 hingga 15 orang. Bahkan harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari Rp120.000 per malam untuk satu unit pondok.

Tidak mengherankan memang, jika tempat wisata ini kerap dijadikan lokasi makrab, gathering, bahkan retreat. Bagi wisatawan yang ingin bermain flying fox juga disediakan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

23-Puncak kalibiruMenara Pandang

Obyek wisata Kalibiru ini masih tergolong baru dan menjadi begitu populer saat berbagai foto tempat ini muncul di akun instagram salah satu selebritis. Foto seseorang di atas menara pandang sebuah pohon dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh menjadi daya tarik wisatawan.

Sejumlah foto Kalibiru yang diunduh di akun itu, kini mendorong tempat wisata itu naik daun dan dikunjungani para wisatawan baik domestik maupun asing di hari libur dan hari besar. Menara pandang sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di Kalibiru. Kini, menara pandang tersebut lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto ria kalangan wisatawan.

Tidak hanya menara itu, tetapi terdapat beberapa spot foto untuk berfoto di atas pohon, wisatawan dapat memilih spot yang diinginkan. Untuk berfoto di menara pandang pengunjung di kenakan biaya hanya sebesar Rp10.000 per orang dan jangan heran kalo weekend atau musim liburan, pengunjung harus antri lama untuk dapat berfoto di spot tersebut.

23-Pohon KalibiruHutan Wisata Kalibiru yang tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo tidak jauh dari Yogyakarta sekitar 40 km. Lokasinya tidak juga jauh dari obyek wisata Waduk Sermo. Rute menuju Kalibiru cukup menanjak, sehingga pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan ber-cc besar.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan keheningan alam di Kalibiru cukup membayar bea masuk sebesar Rp 10.000 per orang, sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Wisatawan yang menginginkan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah dengan panorama lembah menghijau bisa datang mengunjungi wisata hutan Kalibaru ini dan dipastikan bakalan memberikan kesan yang mendalam selama liburan.

865
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>