Sebarkan berita ini:

28-Brown Canyon2SEMARANG [SemarangPedia] – Satu obyek wisata cukup menarik di Kota Semarang dan masih tergolong baru dan belum banyak dikenal di kalangan wisatawan,  meski namanya keren ala barat –Brown Canyon.

Obyek ini terletak di Desa Rowosari Kecamatan Tembalang. Lokasi sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa, namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama puluhan tahun akhirnya Bukit Rowosari sekarang ini mirip sekali dengan Grand Canyon yang ada di Arizona Amerika Serikat.

Dahulu kawasan ini hanyalah merupakan perbukitan yang oleh para penambang tanahnya diambil untuk dijadikan penggurugkan di berbagai proyek yang ada di Kota Semarang dan kotaa lain yang dekat dengan Semarang

Kasni warga Desa Rowosari mengatakan, pengerukan tanah di awasan itu sudah berlangsung sejak lama, sudah puluhan tahun yang lalu.

“Sejak anak saya belum lahir sudah ada proyek penambangan itu, sekarang anak saya umurnya sudAH 25 tahun,” ujarnya dengan membawa kayu bakar dipunggungnya.

Hingga sekarang tempat ini masih menjadi penambangan bahan material, sehingga jika pengunjung datang ke lokasi itu sebaiknya saat jam kerja sudah usai agar bisa menikmati secara puas pemandangan yang menajubkan di sekitarnya.

Namun, pengunjung sebaiknya membawa masker atau buff sebagai penutup mulut dan kacamata.

Kondisi jalan menuju lokasi yang kurang baik, berdebu dan bergelombang, sehinga gunakanlah sepeda motor yang fleksibel atau jika menyukai tantangan bisa menggunakan motor trail.

28-Brown Canyon1Di akhir pekan ada juga yang berlatih trail di sekitaran obyek tersebut yang dilakukan para komonitas motor.

Keindahan panorama alam yang eksotik membuat lokasi ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi.

Bagus warga Rowosari Semarang yang juga pengelola obyek tersebut mengatakan, nama lokasi ini sudah lama ada tapi tidak seramai sekarang.

Saat itu, tuturnya,  pada 2013 ada mahasiswa Undip KKN di daerah itu dan kemudian merekalah yang menamakan Brown Canyon.

Belakangan ini pengunjung yang datang tidak hanya dari Semarang melainkan pengunjung dari luar kota juga sudah banyak yang datang ke perbukitan Brown Canyon.

Mereka kagum dengan keindahan tebing-tebing dan danau seperti yang mereka lihat media sosial atau internet.

Zaskia Amirul salah seorang pengunjung asal Banjarnegara mengatakan bersama keluarga sempat penasaran dengan keindahan panorama tebing tebing yang menjulang di Brown Canyon.

28-Brown Canyon3“Tempatnya asyik untuk berfoto ria, background tebing-tebing tinggi dan ada gua-gua kecil dibawahnya, danau buatan,” tuturnya sambil asyik berselfie

Namun, dia menyayangkan akses masuk ke lokasi yang masih kurang baik dan hamparan tumpukan buangan sampah dibelakang lokasi wisata.

“Lokasinya bagus, tiket masuknya murah hanya Rp5.000, tapi sayangnya pemandangan mau masuk ke kawasan itu terdapat tempat pembuangan sampahnya, jadi kurang sdap dalam pandangan mata,” tuturnya kepada SemarangPedia.com.

Jika pengunjung  ingin ke Obyek wisata Brown Canyon Semarang aksesnya sangat mudah dan bisa dijangkau dari berbagai arah melalui Tembalang, Kedungmundu atau Klipang, dari Semarang Timur bisa melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Ketileng, kemudian mengambil arah perum Klipang dan lanjutkan dengan melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan) kurang lebih dua kilometer akan terlihat keindahan Brown Canyon Semarang. (RS)

273
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>