Sebarkan berita ini:
Kepala OJK Regional 3 Jateng-DIY Moch Ihsannudin
Kepala OJK Regional 3 Jateng-DIY Moch Ihsannudin

SEMARANG[SemarangPedia] – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng-DIY menghimbau masyarakat di provinsi ini agar tidak mudah percaya dengan lembaga keuangan yang menawarkan imbal hasil (return) yang dijanjikan besar jika bersedia menginvestasikan dananya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng-DIY Moch Ihsannudin mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan lembaga keuangan yang menawarkan return besar dengan cara mudah.

Menurutnya, lembaga keuangan yang menjanjikan hasil yang sangat besar berpotensi adanya indikasi upaya penipuan dan bakal merugikan masyarakat pemilik dana.

“Saat ini investasi illegal (bodong) yang ramai menjadi perbincangan adalah Koperasi Pandawa, Di Pati juga ada tapi izin usahanya bukan koperasi melainkan perdagangan. Mereka memberikan iming-iming return hingga 3% per bulan,” ujarnya usai Pengukuhan Satgas Waspada Investasi Jawa Tengah, di Semarang, Jumat (7/10).

Ihsannudin mengatakan OJK belum bisa menjelaskan terkait jumlah investasi bodong di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Meski demikian, OJK  saat ini terus mendata jumlah investasi bodong yang belakangan ini terus meningkat di provinsi ini.

“Diharapkan peran masyarakat juga untuk ikut membantu dengan melaporkan jika menemui adanya lembaga investasi yang mencurigakan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi di Jawa Tengah. Satgas tersebut bertugas untuk mencegah dan menangani maraknya tawaran dan praktik investasi illegal.

Satgas terdiri atas beberapa lintas instansi seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika,  Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah, Kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah. (RS)

73
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>