Sebarkan berita ini:

DialogSEMARANG [SemarangPedia] – Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai ) mulai disosialisakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada kalangan jurnalis di Semarang.

Kegiatan yang dikemas dalam diskusi diikuti puluhan jurnalis media cetak, TV, dan online  dilaksanakan di Hotel Horison Semarang.

Deputi Direktor Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Kantor Regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) I Ketut Suena mengatakan program Laku Pandai bertujuan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan.

Selain itu,  lanjutnya, juga untuk melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia terutama antara desa dan kota.

“Laku Pandai ini memudahkan akses keuangan masyarakat agar jangan sampai terjerat rentenir,” ujarnya.

Produk-produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik basic saving account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya seperti asuransi Mikro

Ketut mengakui program Laku Pandai yang baru berjalan satu tahun belum banyak dikenal masyarakat sehingga masih butuh sosialisasi dan literasi lebih genjar lagi.

“Perbankan yang ikut partisipasi dalam program Laku Pandai masih delapan bank terdiri BRI, Mandiri, BTPN, BCA, BTN, BNI, Sinarmas, dan BRI Syariah. Segara menyusul Bank Jateng,” tuturnya.

SUP Product Customer Experience Head BPTN Achmad Nusjirwan Sugondo dalam kesempatan sama mengatakan Laku Pandai menjadi satu terobosan bagi bank untuk menjangkau masyarakat di pelosok yang selama ini tidak tersentuh layanan perbankan.

“BTPN bergabung dengan program Laku Pandai dengan meluncurkan BPTP Wow pada 30 Maret 2015,” ujarnya.

Melalui BTPN Wow, diam menambahkan masyarakat dapat menabung uang recehan Rp1.000 melalui agen-agen terdekat di daerah mereka yang telah bekerjasama dengan BTPN

Menurutnya, jumlah agen BTPN Wow secara nasional sampai Maret 2016 sebanyak 30.000 agen dengan jumlah nasabah sebanyak 410.000 orang.

108
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>