Sebarkan berita ini:

1-obusdmanSEMARANG[SemarangPedia] –  Plt Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah Sabaruddin Hulu menyambut baik usulan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang menginginkan lembaganya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pungutan liar (pungli).

Meski demikian, lanjutnya, selama ini lembaganya baru bisa melakukan pencegahan pungutan liar sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saat menjadi Satgas Siber kita juga diberi instruksi melakukan pencegahan, meski harapan gubernur terkait OTT itu menjadi angin segar buat Ombudsman dalam memerangi pungli,” ujarnya, dalam Seminar Efektifitas Pengelolaan dan Integritas , Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Selasa (1/11).

Dia menambahkan guna menekan kasus pungli di wilayah Jawa Tengah, Ombudsmen telah menggandeng sejumlah pihak terkait.

“Kami sudah ada tim Reaksi Cepat Ombudsman (RCO) yang turun ke lapangan melakukan investigasi. Apalagi kita juga sudah meneken MoU dengan Inspektorat Provinsi Jateng, Samsat dan Polisi,” tuturnya.

Dia menuturkan selama periode Januari-Oktober 2016, Ombudsmen Perwakilan menerima lebih dari seratus laporan masyarakat terkait pungutan liar. Laporan tersebut berasal dari sejumlah kabupaten/kota.

“Pungli paling banyak muncul di sektor pelayanan pemerintah daerah, disusul penegakan hukum meliputi jaksa dan kepolisian lalu berturut-turut ditemukan pungli dalam pembuatan izin di kantor Samsat dan sekolahan,” ujarnya.

Sabaruddin mnengharapkan jika masyarakat menemui adanya pungutan liar segera melapor kepada Ombudsmen. Karena, bagi pelapor kasus pungutan liar akan dijamin rahasia identitasnya.

“Kita minta kepada masyarakat agar berani lapor pungli, karena kita akan rahasiakan identitasnya. Kita perangi pungli sesuai yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,” tuturnya. (RS)

 

108
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>