Sebarkan berita ini:

26-bus 1SEMARANG[SemarangPedia] – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Tengah meminta anggotanya tetap menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap armada bus yang akan digunakan untuk melayani angkutan penumpang mudik dan balik Lebaran mendatang.

Sekretaris Organda Jawa Tengah Edhi Sugiri mengatakan armada bus antar kota antar propinsi (AKAP) dan antar kota dalam propinsi (AKDP) yang akan dioperasikan untuk melayani angkutan arus mudik maupun balik Lebaran mendatang harus memperhatikan SOP, sehingga dapat menjamin keselamatan penumpang.

Organda, lanjutnya, telah menginstruksikan kepada seluruh perusahaan otobus anggotanya untuk mematuhi standart pelayanan selama mereka mengoperaskan armadanya untuk angkutan arus mudik dan balik pada Lebaran mendatang.

“Sebelum membawa penumpang sudah seharusnya sopir maupun perusahaan otobus melakukan pengecekan armadanya dan memastikan armadanya benar-benar laik jalan,” ujarnya usai Rapat Koordinasi Angkutan Umum Jelang Lebaran di Kantor Dishubkominfo Jawa Tengah, Kamis (26/5).

Selain kondisi armada, dia menambahkan faktor pengemudi bus juga harus mendapat perhatian serius. Bahkan perusahaan otobus harus menyiapkan pengemudi yang layak dan memahami peraturan lalulintas.

“Jangan gunakan pengemudi cadangan! Yang dikhawatirkan akan membahayakan jiwa penumpang, karena tidak paham sepenuhnya akan seluk beluk jalur yang dilalui,” tuturnya.

Di sisi lain, lanjutnya, mengenai tarif bagi pemudik harus jelas dan trasparan dipasang di kaca bus agar pemudik mengetahui jumlah nilai nominal yang berlaku. “Tidak hanya itu saja, tarif harus dicantumkan di karcis dengan cetak yang jelas, sehingga tidak dapat disalahgunakan para calo,” tuturnya.

Menurutnya, untuk tarif selama mudik dan balik Lebaran akan menggunakan tarif batas atas sesuai aturan yang telah ditentukan pemerintah. Untuk tarif batas atas  yang diberlkukan sekitar Rp160 per Km per penumpang.

 

 

123
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>