Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemarangPedia] – Sekumpulan anak muda Semarang dengan asyiknya penuh semangat berlari sambil melompat salto dan sesekali berguling melewati beberapa punggung rekannya satu sama lain. Pertunjukkan mereka ini terlihat di Taman Pandanaran Semarang, akhir pekan lalu.

Aksi yang cukup mengundang perhatian, bahkan yang sempat melihatnyapun menghela nafas panjang karena munculkan kekhawatirkan di antara pemain itu bisa jatuh terjungkal.

Pertunjukkan itu dilakukan oleh anggota komunitas yang menamakan dirinya Fly to Sky yang merupaka sekelompok pemuda yang menyukai olahraga ekstrim melewati halang rintang asal Prancis itu, atau lebih dikenal dengan Parkour.

“Kami resmi berdiri Maret 2009 berawal dari sekumpulan pengiat breakdance. Setelah tahu ada olahraga baru berupa Parkour komunitas kami mulai mencoba berlatih dan mempelajari lewat youtube,” ujar Nikolas Deni Ketua F2S Parkour Semarang kepada  Semarangpedia.com.

Dalam perjalanan membentuk komunitas, Niko panggilan akrab Nikolas Deni menuturkan komunitasnya sempat beberapa kali berganti identitas dari Semarang Extreme, berganti menjadi Free Run Semarang dan terakhir pada 13 Maret 2009, resmi berubah nama menjadi Fly to Sky Parkour Semarang.

Processed with VSCO

“Sekarang ini anggota aktif kurang lebih 50 orang dari jenjang SMP sampai sudah berkerja dan rutin berlatih seminggu dua kali mulai Rabu pukul 16.00 WIB di Taman KB dan Sabtu malam pukul 19.00 WIB di Taman Pandanaran,” ujar pemuda berdomisili di Mugas Semarang itu.

Latihan Parkour yang mereka lakukan memang sungguh menakjubkan. Para anggota dengan santainya lompat kesana kemari, seolah tidak ada rasa takut di benak pikiranya kalau jatuh terjungkel. Mereka tidak asal melakukan, namun ada tahapan – tahapan yang harus dijalankan sesuai ajaran.

“Basic Parkour ada delapan meliputi running, jumping, dropin, landing, rolling, vaulting, climbing dan balancing,” ujarnya

Kedelapan basic tersebut, lanjutnya, merupakan saling keterkaitan satu dengan lain yang harus di kuasai dengan  diawali pemanasan peregangan otot tubuh.

“Manfaatnya rutin melakukan Parkour adalah kondisi tubuh tetap terjaga kebugaranya dan tentu mental terasah menjadi lebih baik,” tuturnya. (RS)

398
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>