Sebarkan berita ini:

1-pameranSEMARANG[SemarangPedia] – Pameran seni rupa skala nasional akan digelar di kawasan Kota Lama Semarang selama 15 hari pada 1-15 November 2016 yang akan diikuti sebanyak 82 peserta dari berbagai kota.

Kegiatan dua tahunan itu dikemas dalam tajuk Biennale Jateng 2016 dan diprakarsai Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang, sebagai upaya untuk untuk melestarikan bangunan, monumen yang memilkiki nilai historis.

Kurator Biennale Jateng #1 2016, Djuli Djatiprambudi mengatakan pada kegiatan itu bagian pertama tema akan mengusung Kronotopos yang diambil dari bahasa Yunani, dimana chronos yang berarti waktu dan topos berarti tempat.

“Jadi tema diartikan sebagai entitas, memiliki dimensi historis oleh karenanya kita kaitkan dengan kondisi Kota Semarang yang memilki bangunan, monumen benilai historis yang merupakan bagian dari identitas kota,” ujarnya, di Semarang.

Lokasi kegiatan, lanjutnya, untuk ruang pamer di kawasan Kota Lama akan menempati di antaranya sebagai pembuka di Semarang Contemporary Art Gallery, Monod Huis, gedung Oudetrap, gedung Telkom dan gedung Perusahaan Perdagangan Indonesia.

“Pameran ini akan diikuti 82 perupa yang didominasi seni lukis dari berbagai kota besar di Jawa dan Bali, seniman yang akan  menampilkan karyanya terdiri Putut Wahyu Widodo, Deddy PAW, Budi Kustarto, Sapto Sugiyo Utomo, Setiawan Sabana, Agus Suwage, Entang Wiharso, Agus Sudarto, Krishna Murti, Ugo Untoro dan Hanafi.

Selain perupa, lanjutnya, pameran seni juga diikuti lima komunitas seni di Semarang meliputi Komunitas Kartun, Urban Sketcher, Hysteria, Volume dan Fotografi.

“Biennale Jateng sendiri bisa meningkatkan gairah atau antusiasme akan seni dari pembuat maupun penikmatnya serta mampu mendatangkan dampak secara sosial, kultural dan ekonomi,” tuturnya. (RS)

281
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>