Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Pernikahan dini bagi pasangan yang masih belia tidak hanya berdampak terhadap psikologis, tetapi juga belum paham merawat bayi secara benar terutama merawat tali pusar bayi.

Pakar keperawatan maternitas Rita Dewi mengatakan banyak pasangan yang menikah dini seringkali kebingungan dalam merawat anaknya yang masih bayi.

Menurutnya, minimnya pemahan dalam mengurus bayi dipengaruhi sejumlah faktor di antaranya terkait dengan psikologi.

“Mereka (pasangan dini) secara psikologis kerap belum siap untuk memiliki anak, terutama dari pihak sang ibu dan ini dipengaruhi juga dari aspek usia yang masih sangat muda,” ujarnya, di Semarang.

Bayi yang baru lahir, lanjutnya, membutuhkan perawatan khusus dari pihak ibu yang memahami terkait perawatan yang benar.

“Pasangan dini ini sebenarnya belum siap memiliki anak dan memang belum pernah punya anak jadi kebingungan. Meski demikian, perawatan bayi baru lahir ini bisa dipelajari,” tuturnya,

Rita yang juga Kepala Bidang Keperawatan RSIA Kusuma Pradja Semarang menuturkan secara umum, dalam merawat bayi yang baru lahir perlu memahami sejumlah faktor yakni terkait dengan ketenangan dan kehangatan.

“Selain itu, masalah pakaian bayi harus diperhatikan, cara memandikan bayi, perawatan tali pusar, hingga pemberian air susu ibu. Yang menjadi kendala biasanya masalah perawatan tali pusar bayi,” ujar lulusan Magister Keperawatan Maternitas Universitas Indonesia (UI) itu.

Menurutnya, bagi ibu yang sudah pernah memiliki anak biasanya sudah paham, namun bagi pasangan muda sering kebingungan ketika tercium bau menyengat dari tali pusar anaknya.

“Pada prinsip perawatan tali pusar bayi adalah bersih dan kering sehingga ibu harus sesering mungkin membersihkan dengan air hangat dan kasa steril tanpa menunggu sampai bayi dimandikan,” tuturnya. (RS)

110
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>