Sebarkan berita ini:
Karyono Wibowo
Karyono Wibowo

SEMARANG[SemarangPedia] – Peneliti senior Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai PDI Perjuangan mengusung duet Petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidajat untuk maju dalam pilkada DKI Jakarta periode 2017-2022 sebagai keputusan realistis.

Menurutnya, PDI Perjuangan menggunakan pertimbangan rasional untuk mengusung incumbent tersebut meski ada pernolakan dari sejumlah kader PDIP terhadap figur Ahok.

“Sejak awal, sebenarnya sudah dapat ditebak, PDIP cenderung mengusung Ahok sebagai calon gubernur DKI periode 2017-2022. Itu merupakan keputusan realistis, karena PDIP tentu akan menggunakan pertimbangan rasional, meski ada penolakan dari dalam kader PDIP,” ujarnya kepada semarangpedia.com, Kamis. (22/9)

Meskipun ada penolakan dari sejumlah kader PDIP, lanjutnya, keputusan tersebut tidak akan menimbulkan perpecahan di tubuh partai berlambang banteng moncong putih itu.

“PDI Perjuangan tetap solid, karena Djarot yang menjadi wakil Ahok adalah kader PDIP. Selain itu, saya yakin pengaruh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri masih ampuh untuk menyatukan kader PDIP yang kini berseberangan dengan Ahok,” tuturnya.

Setelah PDIP mengusung pasangan Ahok – Djarot, dia menambahkan dipastikan akan ada perubahan konstelasi politik di DKI Jakarta.

“Kemungkinan kubu yang kontra Ahok akan bersatu membangun poros besar untuk menghadapi Ahok – Djarot dalam pilkada,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendampingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Komisi Pemilihan Umum KPU DKI Jakarta, Rabu (21/9).

Selain PDI Perjuangan, Ahok dan Djarot juga didukung oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Golkar. (RS)

100
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>