Sebarkan berita ini:

imgrasiSEMARANG [SemarangPedia] – Tes narkoba mulai dilakukan di berbagai kantor dan kalangan legislatif sebagai upaya mencegah merebaknya penggunaan narkoba, sekaligus untuk mendukung pemerintah dalam hal perang melawan barang haram tersebut.

Setelah anggota DPRD Jateng melakukan tes narkoba beberapa waktu lalu, kini Kantor Imigrasi Klas 1A, Semarang juga melakukan hal sama menggelar tes narkoba kepada seluruh karyawannya.

Tes narkoba tersebut dilakukan melalui tes darah kepada puluhan pegawai negeri itu dan mlai digelar Senin ini. (4/4)

Kepala Kantor Imigrasi Klas 1A, Himron mengatakan kegiatan itu dilakukan, menyusul adanya instruksi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pusat, berkaitan dengan semakin maraknya penyalahgunaan narkoba belakangan ini.

“Kegiatan itu, untuk mendeteksi apakah pegawai imigrasi ada yang menggunakan narkoba atau tidak dan sekaligus sebagai komitmen dari Kemenkumham untuk memerangi narkoba,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan itu juga beker sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng terutama dalam hal pengawasan berlangsunganya tes darah, meski pengujian sample darah dilakukan oleh salah petugas satu jasa klinik kesehatan.

Selain tes urine, lanjutnya, klinik tersebut juga melakukan pemeriksaan gratis terhadap pegawai.

Kasi Infokim Imigrasi Klas I Semarang, Muhammad Asrofah mengatakan, terdapat 73 pegawai imigrasi yang menjalani tes darah untuk mengetahui apakah menggunakan narkoba atau tidak dan hasil tes, bisa diketahui sore ini atau paling lambat besok pagi, karena melalui tes darah.

Jika diketahui, lanjutnya, terdapat hasil positif mengkonsumsi narkoba, pihaknya akan memberikan sangsi tegasi dengan melakukan tindakan pemecatan terhadap pegawai yang bersangkutan.

97
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>