Sebarkan berita ini:

PerizinanSEMARANG [SemarangPedia] – Pemkot Semarang resmi operasikan pelayanan Keterangan Rencana Kota (KRK) dan Izin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB) online, sebagai upaya memberikan kepada masyarakt dalam kepengurusan perizinan.  

Melalui Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) pelayanan KRK dan Izin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB) online di resmikan di Lantai 8 Gedung Moch Ichsan Balai Kota.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan layanan itu merupakan program inovatif yang menjadi salah satu gebrakan Pemkot untuk mempercepat dan memudahkan masyarakat mengurus perizinan.

Pengurusan KRK, lanjutnya, saat ini masyarakat tidak harus bolakbalik ke kantor DTKP dan hanya cukup mengakses dari telepon genggam atau internet/komputer ke alamat www.dtkp.semarangkota.go.id dan mengikuti panduannya.

’’Bagi wargag yang mau membangun kosntruksi tidak perlu datang ke kantor mengurus KRK, namun cukup mengakses dari gadget atau perangkat komputer secara online diisi  data-datanya sesuai panduan yang ada di web tersebut,’’ ujarnya.

Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi menuturkan program itu sebagaia tindaklanjutnya munculnya pengaduan dan keinginan masyarakat terutama dalam hal perizinan di Kota Semarang.

Menurut dia, layanan itu diharapkan bisa meminimalisasi dan memotong proses matarantai birokrasi. Bahkan layanan DTKP akana melakukan perawatan dan pemantauan web tersebut.

Dengan pelayanan online ini, lanjutnya, diharapkan bisa meningkatkan iklim investasi di wilayah Semarang dan pembangunan semakin meningkat.

Sementara itu, Kepala Dinas DTKP Agus Riyanto mengatakan secara teknis, program KRK dan IPTB  sangat memudahkan warga, karena pemohon cukup mendaftar secara online kemudian meng-upload gambar rencana mereka dan mengisi formulir yang semuanya dilakukan berbasis internet.

“Proses ini dipastikannya akan memangkas birokrasi ataupun syarat yang kurang perlu serta mengurangi proses tatap muka pemohon dan staf DTKP di mana proses pendaftaran dan pengurusan bisa dilakukan dari rumah atau di jalan sehingga lebih hemat waktu.,” tuturnya.

1.032
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>