Sebarkan berita ini:

15-kartu-e-ktpUNGARAN[SemarangPedia] –  Pelayanan perekaman data kependudukan di wilayah Kabupaten Semarang masih terkendala akibat jaringan komunikasi perekaman E-KTP terputus.

Kabid Kependudukan Dispendukcapil Kabupaten Semarang Agus Saryono mengatakan jairingan nkomunikasi antara Kantor Dispendukcapil setempat dengan pusat data di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak pekan lalu terputus.

“Dengan putusnya jaringan komunikasi, membuat pelayanan perekaman data E-KTP di daerah, kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Semarang terganggu. Belum ada pemberitahuan pasti kapan kembali lancar,” ujarnya, Senin. (10/10)

Sebelumnya, pelayanan Dispendukcapil juga terkendala di proses pencetakan E-KTP akibat pengadaan blangko E-KTP dari Kemendagri tersendat, sehingga  pemohon hanya diberikan surat keterangan (suket) yang akan ditukar E-KTP ketika blangko sudah diterima.

Selain itu, dia menambahkan kini ngiliran jaringan komunikasi trouble untuk perekaman data, hingga banyak masyarakat pemohon kecewa atas pelayanan yang ada.

“Dengan data perekaman tidak bisa terkirim ke data center, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kami tidak bisa melakukan perekaman secara off line mengingat sistem yang ada itu on line. Banyak pemohon yang akhirnya tidak bisa terlayani,”  tuturnya.

Hingga saat ini hambat pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Semarang juga dipengaruhi tidak imbangnya jumlah petugas pelayanan dengan pemohon.

Kondisi tersebut membuat antrean pelayanan sangat lama, pemohon harus menunggu berjam-jam untuk bisa terlayani permohonannya.

Mahfud seorang warga mengaku terpengaruh informasi dari Kemendagri terkait batas waktu perekaman akhir September, sehingga banyak pemohon yang buru-buru melakukan pembaruan data kependudukan.

“Pelayanan adminduk perlu dipecah, jangan terpusat di Ungaran, sehingga mereka yang datang dari jauh, menyempatkan waktu untuk membuat E-KTP tidak menunggu seharian,” ujarnya.

312
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>