Sebarkan berita ini:

9-pju-tsSEMARANG[SemarangPedia] – Kalangan legislatif menilai penerangan jalan umum yang menggunakan energi tenaga surya  di sejumlah titik rawan, ternyata mampu menekan terjadinya kecelakaan dan menjadi solusi menghemat energi.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso mengatakan pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di sejumlah titik jalan merupakan solusi alternatif  untuk menghemat energi.

Menurutnya, selain menghemat energi, pemasangan PJU-TS di sejumlah titik rawan juga sangat efektif, untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya merupakan solusi alternatif dalam rangka hemat energi, sebagai strategi Ketahanan Energi Nasional pada tahun mendatang. Pemasangan penerangan jalan di daerah rawan juga mampu mengantisipasi terjadinya kecelakaan,” ujarnya, di Semarang, Jumat. (9/9)

Dari hasil pemantauan, lanjutnya, fasilitas penerangan jalan umum di Boja Kabupaten Kendal, misalnya pada Kamis lalau (8/9) menunjukkan kinerja Dinas Energi Sumber Daya Mineral (Disesdm) Jateng cukup baik. Di mana, di daerah tersebut telah dipasang PJU-TS di titik rawan kecelakaan.

“Dengan demikian, kami mengusulkan pemasangannya tidak hanya di jalan-jalan kabupaten, tetapi juga di daerah perumahan dapat diberi fasilitas yang sama, sehingga strategi Ketahanan Energi Nasional dapat berjalan dengan maksimal,” tuturnya. (RS)

122
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>