Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Pembahasan rancangan perampingan Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) di jajaran Pemprov Jawa Tengah yang hampir rampung 99%, diharapkan berdasar pada aspek fungsional sehingga menghasilkan birokrasi simpel struktur dan kaya fungsi.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pembentukan dan Susunan Kerja Perangkat Daerah DPRD Jateng, Fuad Hidayat mengatakan pembahasan Pansus sudah memiliki bekal salah satunya naskah akademik yang disusun para pakar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Menurutnya, terdapat beberapa opsi dalam penyusunan Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) untuk Jateng terdiri opsi maksimal atau birokrasi kategori gemuk dengan komposisi 32 dinas, sembilan badan ditambah satu sekda, tiga asisten, sembilan biro, satu inspektorat, dan perangkat lain.

Selain itu, lanjutnya, opsi lain  atau yang ideal untuk Jateng menurut pakar UGM, terdiri dari 26 dinas dan delapan badan, sedangkan opsi minimalis yakni terdiri 21 dinas dan tujuh badan.

“Namun setelah terjadi perdebatan di Pansus menyangkut komposisi, fungsi, serta konsekuensi anggaran, ahirnya disepakati terdapat 23 dinas dan enam badan dengan prinsip tepat struktur dan tepat fungsi,” ujarnya di Semarang, Selasa. (30/8)

Dalam pembahasan SOTK ini, dia menambahkan tidak ada pesanan dari pihak-pihak tertentu sejumlah SKPD dihilangkan maupun dipertahankan.

“Pansus memang agak berat bebannya karena kita hanya diberi waktu sebulan dan ini sudah 99%,” tuturnya.

Fuad menuturkan pihaknya memberi apresiasi terhadap Pemprov Jateng terutama terkait adanya kesadaran dari internal, birokrasi harus ramping dan tepat fungsi.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu, beragam perdebatan dan pendapat muncul dalam pembahasan perampingan SOTK, di antaranya usulan menyangkut penggabungan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan Badan Diklat agar lebih ramping.

Peleburan dua badan ini, lanjutnya, tidak mungkin dilakukan menyusul adanya pelimpahan wewenang UU Nomor 23/2015 tentang Pemerintahan Daerah, jumlah PNS di Jateng mencapai sebanyak 16.077 orang, bertambah 29.824 orang, sehingga menjadi lebih dari 46.000 orang. (RS)

147
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>