Sebarkan berita ini:

1-tol-pejagan-pemalangSEMARANG[SemarangPedia] – Pembangunan fisik proyek ruas tol Pejagan-Pemalang kini terus dikebut hingga diharapkan rampung sesuai yang dijadwalkan, bahkan Bank Jateng ikut dalam pembiayaan dengan nilai Rp150 miliar.

Ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang, di pantura Jawa Tengah, sesi I dan II sudah dapat dioperasikan beberapa waktu lalu dan segera menyusul pembangunan konstruksi  Brebes hingga Pemalang.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) ikut serta dalam pembiayaan pembangunan jalan tol itu dengan nilai sebesar Rp150 miliar.

Dirut  Bank Jateng Supriyatno mengatakan bank BUMD yang dikendalikannya ikut tergabung dalam sindikasi 14 lembaga keuangan, baik perbankan maupun nonbank, pada proyek jalan tol sepanjang 57,5 km itu.

“Bank Jateng akan ikut pembiayaan proyek dengan nilai sebesar Rp4,7 triliun dari total kebutuhan anggaran pembangunan sebesar Rp6,755 triliun,” ujarnya dalam siara persnya, Kamis. (1/12)

Ruas tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km itu akan menghubungkan daerah Pejagan, Brebes dengan Pemalang dan ke depan akan dilanjutkan ke Pekalongan-Batang –Semarang.

Tol itu merupakan kelanjutan pembangunan ruas tol Kanci-Pejagan yang menghubungkan Cirebon dengan Kabupaten Brebes.

Sementara itu, Seksi 3 ruas Brebes Timur-Tegal sepanjang 10,4 km dan Seksi 4 ruas Tegal-Pemalang sepanjang 26,90 km hingga saat ini masih dalam tahap konstruksi dan pekerjaan fisik terus dikebut.

Pembangunan jalan tol ini merupakan salah satu bagian penting dari jaringan jalan Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya dan ditargetkan dapat beroperasi secara keseluruhan pada 2018 mendatang.

Berbagai persiapan pembangunan tol Brebes-Pemalang kini terus dikebut, meski belum sepenuhnya tersambung hingga Pemalang, namun, bisa melayani pemakai kendaraan hingga Brebes bagian timur.

Pengoperasian tol itu, ke depan merupakan salah satu solusi untuk memecah kemacetan di jalur pantura pada saat arus mudik dan balik Lebaran yang dipadati ribuan kendaraan hingga potensi kemacetan semakin sulit dihindari.

PT Waskita Tollroad selaku pemilik konsesi tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sepanjang 20,25 Km telah merampungkan proses konstruksi tol yang menjadi bagian dari Trans Jawa itu, hingga jadwal beroperasi bisa terwujud dan diresmikan Presiden Joko Eidodo beberapa waktu lalu.

Ruas Pejagan-Pemalang menjadi ruas tol pertama yang dibangun sekaligus dioperasikan oleh perseroan itu. Sementara, 11 ruas tol lainnya yang dimiliki perusahaan masih dalam proses konstruksi.

448
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>