Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – PT Nirvana Wastu Pratama (NWP) Retail merealisasikan pembangunan mall dan hotel The Park Semarang, setelah sebelumnya sukses membangun pusat perbelanjaan The Park Solo Baru di Sukoharjo.

The Park Semarang yang dibangun dengan investasi sebesar Rp750 miliar itu, bakal menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Kota Semarang. Pembangunan mall baru The Park Semarang resmi dimulai ditandai dengan groun breaking, Kamis (24/1).

Mall yang diberi nama The Park Semarang itu dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare berlokasi di Jl, Madukoro Raya Blok E-F, Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara. Rencananya area tersebut juga akan dibangun hotel bintang empat bertaraf internasional dengan spesifikasinya dibangun lima lantai dengan total gross floor area 70.000 meter persegi.

Head of Leasing dan Operating Properties NWP Retail, Teges Prita Soraya mengatakan The Park Semarang berada di lokasi strategis yang merupakan salah satu akses menuju ke bandara  internasional Jenderal Ahmad Yani.

“Ini merupakan The Park kami yang kedua setelah Solo. Total saat ini kami telah mengembangkan 14 pusat perbelanjaan dan dua hotel, Hadirnya The Park Mall Semarang diharapkan bisa memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Pembangunan mall itu direalisasikan NWP Retail dengan menggandeng PT Putra Wahid Land (PWL) sebagai pengembang.

“Mall itu akan diisi berbagai brand lokal, nasional maupun internasional, terutama yang belum ada di Kota Semarang,” tuturnya.

Menurutnya, mall megah itu dijadwalkan sudah dapat beroperasi pada September 2020 dan akan menyerap banyak tenaga kerja, selain itu, The Park Semarang juga akan menambah pendapatan asli daerah dari sektor pajak terutama pajak hiburan, parkir dan restoran.

“Perekrutan pekerja 90% akan diprioritaskan tenaga kerja asal Kota Semarang dan sekitar. Selain membuka peluang bagi pengusaha lokal untuk berusaha dalam area mall,” ujarnya.

The Park Semarang, lanjutnya, menambah portfolio proyek NWP Retail yang saat ini sudah ada 14 pusat perbelanjaan dan 2 hotel, di antaranya di Cirebon, Citimall Cianju, Sukabumi, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera.

Direktur PT Putra Wahid Land, Denny Putra Husodo menuturkan pihaknya bersama dengan NWP Retail akan menghadirkan etertaimment terbesar di Kota Semarang, bahkan Jateng melalui The Park Semarang. Selain mall, juga akan ada hotel yang dilengkapi ballroom cukup luas.

“Entertainment mall akan menjadi fokus kami, sehingga akan ada banyak tenant F&B, cinema, permainan anak dan fashion. Kami ingin membawa dampak mikro yang positif bagi lingkungan sekitar Semarang Indah dan Kelurahan Tawang Mas yang dalam waktu dekat akan jadi daerah paling maju,” ujarnya.

Di Kota Semarang kini telah berdiri sedikitnya Mall atau pusat perbelanjaan cukup megah di antaranya Ciputra Mall, Paragon Mall, Java Mall, DP Mall, hingga Transmart Mall.

Denny menuturkan The Park Semarang berbeda dengan mall yang sudah ada. The Park Semarang akan mengusung konsep entertainmen mall yang bisa menjadi magnet bagi warga Semarang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ulfi Imran Basuki mengatakan kehadiran The Park Semarang akan menambah pendapatan daerah ibu kota Jateng itu. Selain diharapkan mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar sehingga mengurangi tingkat pengangguran. (RS)

 

 

138
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>