Sebarkan berita ini:
Ilustarsi
Ilustarsi

SEMARANG[SemarangPedia] – Pembangunan pasar Johar Semarang diusulkan tidak merubah desain bangunan lama, sebagai upaya untuk mempertahankan kelestarian dan budaya sejarah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan agar Pemkot Semarang untuk tetap mempertahankan bangunan lama Pasar Johar, dalam merealisasikan pembangunan kembali pasar tradisional terbesar di Jateng itu.

Selain itu, lanjutnya, bangunan sejarah itu perlu perlindungan, sekaligus untuk melestarikan bangunan yang memikiki historis di Kota Semarang.

“Pemkot akan kita usulkan agar Pasar Johar punya dua bangunan. Satu bangunan lama tetap dipertahankan, sementara satu lagi adalah bangunan baru di sebelahnya,” ujarnya saat menghadiri deklarasi Paguyuban Insan Pedagang Johar (Pijar), di halaman relokasi Pasar Johar, Jalan Arteri Soekarno-Hatta, Semarang, Minggu (9/10).

Dia menuturkan permasalahan keamanan dan kekuatan bangunan, semua diserahkan perhitungannya kepada para ahli. Selain bangunan Pasar Johar yang dibangun diharapkan dapat menampung seluruh pedagang Johar.

“Pasar Johar yang baru ke depannya tidak hanya digunakan untuk berbelanja, tetapi bisa juga untuk wisata belanja atau piknik bagi pengunjung dai berbagai daerah,” tuturnya.

Dia menjajikan akan membereskan semua permasalahan yang dihadapi oleh pedagang. Bahkan meminta kepada semua pihak yang terkait untuk membantu mendata, mencatat, dan melaporkan data pedagang, terutama bila terjadi perubahan data.

Menurutnya, tempat relokasi ini agar terus dijaga kebersihannya agar memberikan kenyamanan bagi para pengunung konsumen.

Sementara itu, Ketua Umum Pijar Hasyim Wasik mengatakan para pedagang  juga menginginkan pembangunan Pasar Johar tidak terlalu mewah.

“Kami para pedagang Johar ingin sederhana dan hidup sejahtera seperti dulu lagi. Jangan mengulangi kesalahan yang sama dengan membangun pasar mewah tetapi sedikit pembeli, kami tidak mau seperti itu terjadi,” ujarnya.

136
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>