Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Jadwal pembangunan ruas Tol Semarang-Demak mengalami kemunduran, akibat terjadi perubahan desain dan akan dibangun sekaligus juga berfungsi sebagai tanggul laut.

Ruas tol Semarang-Demak yang dialokasikan dengan dana ABPN sebesar Rp9 trilun itu, rencana semula akan direalisasikan pembangunan fisik pada 2017, namun akibat perubahan desain menjadi mundur dan dijawalkan pada 2018.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan saat ini Detail Engineering Design (DED) jalan tol Semarang – Demak sepanjang 24 Km itu sudah rampung. Ruas Tol itu tidak hanya menghubungkan Kota Semarang dengan Kabupaten Demak, namun juga berfungsi sebagai tanggul laut.

Menurutnya,  semua rencana pembangunan rusas tol berada di jalur selatan jalan raya Semarang-Demak, namun sekarang dirubah dipinggiran mendekati pantai pantura. Realisasi ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Pemerintah kabupaten Demak dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Persiapan awal sudah selesai, pelaksanaannya pada tahun depan. Tanggul laut ini berfungsi ganda, selain untuk penanggulangan banjir dan rob juga sekaligus menjadi Jalan Tol Semarang-Demak,” ujarnya.

Proyek infrastruktur itu, lanjutnya, beberapa lahan tiga kelurahan di Kecamatan Genuk Kota Semarang, akan terkena dampak. Ketiganya meliputi Kelurahan Terboyo Kulon, Kelurahan Terboyo Wetan dan Kelurahan Tri Mulyo.

Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi  menuturkan pembangunan akan dilaksanakan dua tahap, selain tahap Kota Semarang dan tahap Kabupaten Demak. Ruas tol ini akan membutuhkan lahan 1.887.000 meter persegi dengan panjang 24 kilometer.

Pemerintah Pusat telahh mengalokasikan anggaran untuk proyek ingrastruktuir sebesar Rp 9 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

“Dengan selesainya dibangun ruas tol Semarang-Demak ke depan diharapkan bisa mengurai kemacetan. Bahkan perlu perencanaan tahun ini, di antaranya Underpas, simpang susun, dan lainnya,” tuturnya.

387
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>