Sebarkan berita ini:

29-Pembasan lahan Tol PemalangBATANG[SemarangPedia] – Pembebasan lahan ruas tol Pemalang-Batang terus dikebut untuk seksi I dari Pasekaran-Kandeman kini sudah mencapai 100%, disusul seksi II Kandeman-Gringsing 85% hingga tinggal 15% serta diikuti pembangunan pekerjaan konstruksi fisik di beberapa titik.

Sekda Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan terdapat 32 desa yang lahannya terkena proyek tol itu, dan proses pembebasan lahan masih terus berjalan.

Proyek konstruksi tol, lanjunya, sudah berjalan terutama untuk jalan layang (fly over) dan untuk under pass di Pasekaran, Lawangaji, Kandeman, dan Gringsing. Selain pada daerah yang dilewati jembatan di anyaranya Jembatan Kaliboyo dan Kaliurang.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Batang Abdul Azis, pembebasan lahan tol di Batang tinggal 15% dan dijadwalkan bisa secepatnya rampung September mendatang.

Dia menuturkan tidak ada kendala dalam proses pembebasan lahan tol itu, bahkan warha telah sepakat  menerima harga ganti rugi tanah berdasarkan perhitungan tim appraisal, mengingat harga yang ditawarkan sesuai dengan harga pasaran.

“Saat ini masih tahapan penyelesaian.Bahkan untuk Batang lahan yang telah dibebaskan sudah diikuti proses konstruksi,” ujarnya, Selasa. (30/8)

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan Tol Batang-Semarang Wijayanto mengatakan proses pembebasan lahan tol akan terus dikebut dan pembayaran ganti rugi lahan dilakukan di Desa Rowobelang, Kecamatan Batang  dengan dana sebesar Rp57,7 miliar telah digunakan untuk membayar ganti rugi lahan tol untuk 121 bidang tanah di desa itu.

Menurutnya, setelah Rowobelang, menyusul musyawarah dilakukan di Desa Kuripan, Subah dan pembayaran dilakukan di Desa Gondang, Subah dan Desa Mentosari, Gringsing.

 

424
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>