Sebarkan berita ini:

29-Pembasan lahan Tol PemalangPEKALONGAN[SemarangPedia] –  Upaya pembebasan lahan untuk proyek Tol Pemalang-Batang terus dikebut yang dijadwalkan selesai Desember mendatang, mmenyusul segera dilakukan Batang-Semarang.

Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Pekalongan, M Arifin yang juga panitia pembebasan lahan jalan tol Pemalang-Batang di Kabupaten Pekalongan mengatakan pembebasan lahan yang terkena proyek jalan tol Pemalang-Batang saat ini terus berjalan dan diharapkan Desember 2016 sudah rampung.

Menurutnya, terdapat 24 desa di Kabupaten Pekalongan yang terkena proyek jalan tol dan Desa sebanyak itu, tercatat lima desa sudah dibebaskan di antaranya Desa Tegallontar dan Tegalsuruh di Kecamatan Sragi, disusul Desa Surobayan Kecamatan Wonopringgo, Desa Rengas dan Karangdowo.

Proses pembebasan lahan tol, lanjutnya,  kini sedang berjalan daan tidak mengalami kendala yanag berarti hingga bisa selesai sesuai yang ditargetkan Desember mendatang.

“Kami upayakan kalau bisa September selesai. Namun, mengingat jumlah desa yang belum terbebaskan, nampaknya tidak terkejar dan paling lambat Desember bisa selesai,” ujarnya, Senin. (29/8)

Akhir tahun ini, dia menambahkan diharapkann selesai semua, meski untuk wilayah Desa Purwodadi Kecamatan Sragi ini masih proses musyawarah, guna menentukan ganti tanah atau uang

Menurutnya, total terdapat 93 bidang tanah yang terkena proyek pembangunan tol di wilayah Kabupaten Pekalongan, dengan luas lahan mencapai 175,252 meter persegi.

Jumlah itu, terdiri dari, TKD mencapai 59 bidang, dan tanah wakaf mencapai 13 bidang. Sedangkan untuk tanah makam hanya tiga bidang dan lain-lain 18 bidang.

“Selama ini kami hanya terkendala mencari data yuridis kepemilikan tanah tersebut,” tuturnya.

Dia mengatakan dalam upaya pemberian uang ganti rugi dari lahan yang terkena proyek jalan tol dibutuhkan legalitas hukum kepemilikan, mengingat ketika sudah terbayar, bukti kepemilikan tanah itu akan diserahkan kepada negara.

308
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>