Sebarkan berita ini:

16-jkSEMARANG[SemarangPedia] –  Pemerintah gencar mendorong pembangunan maupun pengembangan sejumlah bandara yang berpotensi di seluruh Indonesia, sebagai upaya mempercepat memberikan penyediaan transpotasi udara bagi masyaraat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah kini tengah mendorong pembangunan sejumlah bandara yang tersebar di Indonesia, untuk dapat terselesaikan terutama di daerah potensi banyak penumpang.

Langkah itu, lanjutnya, dilakukan, karena tren pengguna moda transportasi udara setiap tahun cenderung terus meningkat, namun belum diimbangi dengan penyediaan bandara di berbagai daerah yang memadai.

“Tren pertumbuhan orang bepergian menggunakan transportasi udara lebih banyak dibanding darat dan laut. Apalagi penghasilan masyarakat juga semakin baik, sehingga kalau pergi agak jauh pasti memprioritaskan menggunakan angkutan udara,” ujarnya saat mengunjungi  Bandara Ahmad Yani Semarang, Sabtu (15/10).

Menurutnya, tingginya minat masyarakat menggunakan transportasi udara juga dipengaruhi harga tiket yang semakin terjangkau, sehingga tidak terpaut jauh dengan transportasi darat maupun laut.

“Semakin murahnya harga tiket itu, salah satunya karena didukung penerapan teknologinya yang semakin maju,” tuturnya.

Terkait minimnya  maskapai  membuka rute di wilayah Indonesia timur, Jk menuturkan masih terkait dengan masalah infrastruktur.

Dia mencontohkan Bandara Banyuwangi yang semula hanya memiliki satu kali jadwal penerbangan, namun kini sudah lima kali penerbangan.

“Ke depan kalau bandara sudah selesai dibangun, pasti penumpang melonjak. Di mana-mana begitu. Setelah dibangun bandara, infrastruktur semakin baik, menyenangkan, dan efisien, penumpang pasti langsung melonjak. Karena untuk bepergian jarak jauh, orang lebih memilih pesawat,” tuturnya. (RS)

62
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>