Sebarkan berita ini:

30-mentanBOYOLALI[SemarangPedia] – Pemerintah akan mendorong penerapan pertanian modern di berbagai sentra produksi pangan, sebagai upaya untuk mencapai swasembada pangan.

Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman mengatakan pemerintah akan mendorong penerapan pertanian modern untuk mencapai swasembada dengan berbagai kebijakan.

Langkah yang akan dilakukan, lanjutnya,dengan terus memperbaiki regulasi-regulasi yang menghambat percepatan produksi pangan yang selama ini menjadi kendala di berbagai sentra produksi.

“Selain itu, kami akan terus  memperbaiki  teknologi  pertanian serta perbaikan infrastruktur pertanian,” ujarnya pada Pembukaan Pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Nasional ke-36 di Balai Pengembangan dan Pangan Desa Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Jumat (28/10)

Amran menambahkan pada hari pangan se-dunia HPS tahun ini banyak lompatan-lompatan produksi untuk komoditas beras, cabai, jagung dan bawang.

Pemenrtah, lanjutnya, juga beripaya mendorong swasembada pangan organic, karena potensinya yang sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan petani di berbagai daerah.

“Pertanian organik harus kita dorong karena banyak diminati dan peluang ekspor sangat besar. Kita baru mengekspor ke negara Belgia dan Amerika untuk beras organik. Harganya juga sepuluh kali lipat,” tuturnya.

Dia mengapresiasi Jawa Tengah yang mampu memenuhi kebutuhan beras di daerahnya sendiri. Bahkan, surplus beras mencapai 1 juta ton lebih, sehingga mampu mengirim pasokan beras untuk kebutuhan daerah lain seperti Kalimantan Barat, Aceh, Riau, dan Sumatera. (RS)

 

70
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>