Sebarkan berita ini:

24-pasar-tradisionalSEMARANG[SemarangPedia] – Pemerintah Pusat memprioritaskan untuk pembangunan pasar tradisional di berbagai daerah, sebagai upaya untuk mendorong pergerakan perekonomian rakyat dan memacu perdagangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKIM).

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan penataan pasar tradisional di berbaga daerah,  menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Pusat.

Menurutnya, Pemerintah Pusat telah memprioritaskan pembangunan pasar tradisional yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian rakyat dan UMKM di berbagai daerah.

“Program-program Pemerintah Pusat juga mengalir ke daerah, termasuk pembangunan pasar tradisional seperti di Kabupaten Jepara. Kementerian dengan keterbatasan anggaran tetap memperhatikan kondisi daerah dan diharapkan pendapatan APBN dan APBD meningkat, sehingga pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor daapat tercapai,” ujarnya, di Semarang.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan kunjungan kerja di Pasar Bangsri, Jepara, Minggu (23/10). Dalam kunjungan itu, melihat langsung kondisi pasar tradisional yang digunakan sebagian besar aktivitas kegiatan ekonomi di wilayah tersebut.

Menurut Enggartiasto, Presiden menargetkan pembangunan pasar tradisional sebanyak 5.000 unit yang tersebar di Indonesia.

“Presiden menargetkan program penataan dan pembangunan pasar sebanyak 5.000 unit. Pasar tradisional merupakan penggerak ekonomi rakyat, sehingga tidak boleh dibiarkan rusak. Sidah kita saksikan kondisi pasar itu. Harus ada koordinasi Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten untuk bersama-sama menata pasar tradisional di wilayahnya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga memantau pasokan sekaligus mengecek harga kebutuhan pokok pada sejumlah pedagang di Pasar Bangsri dan Pecangaan. Seusai meninjau kondisi pasar dan pantauan pasokan serta harga kebutuhan pokok, rombongan Mendag selanjutnya mengecek pasokan dan harga berbagai jenis ikan di TPI Jepara. (RS)

113
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>